Seorang perempuan sedang cegukan. Cegukan bisa menjadi tanda gangguan sistem saraf pada tubuh./Eat This
Health

Ini 13 Cara  Menghilangkan Cegukan

Ileny Rizky
Sabtu, 3 Desember 2022 - 21:15
Bagikan

Pakai Minyak Kayu Putih, Berkumur, Menahan Napas, dan Menekan Jempol

4. Olesi leher dengan minyak kayu putih

Mengoleskan minyak kayu putih ke bagian leher dan perut dapat menjadi cara sederhana untuk mengatasi cegukan. Rasa panas yang ditimbulkan minyak kayu putih inilah yang dapat meredakan cegukan.

5. Berkumur

Selain diminum, berkumur juga dapat mengatasi cegukan. Caranya adalah dengan berkumur-kumur dengan air seperti halnya menyikat gigi. Ulangi berkumur hingga cegukan mereda. 

6. Terkejut

Pasti Anda pernah mendengar bahwa cegukan dapat dihilangkan dengan cara dikagetkan. Cara ini ternyata terbukti ampuh, banyak orang yang sudah mencoba melakukan cara ini.

7.  Duduk dengan memeluk lutut

Cara yang sederhana untuk menghentikan cegukan adalah dengan duduk dan memeluk kedua lutut seperti meringkuk.

Dengan melakukan posisi ini, maka tubuh akan memberi tekanan pada bagian diafragma. Dengan adanya tekanan di diafragma, udara yang terjebak di dalamnya akan terdorong keluar. Kemudian cegukan akan menghilangkan.

8. Menahan napas

Tarik napas secara dalam-dalam dan tahan selama 10-20 detik, kemudian lakukan secara berulang.

9. Bernapas dengan kantong kertas

Bernapas dengan kantong kertas menjadikan kita menghirup gas karbon dioksida melalui kantong kertas. Kemudian, otot diafragma yang berkontraksi perlahan akan kembali lemas dan rileks.

10. Minum dengan cepat

Sebuah studi merekomendasikan cara menghilangkan cegukan dengan minum sebanyak 10 teguk dengan cepat tanpa berhenti. Saat menelan air, kontraksi ritmis oesophagus akan memutus kejang pada diafragma. Inilah yang dapat menghentikan cegukan. 

11. Mengisap lemon

Selain mengemut gula, mengisap lemon juga dapat dilakukan untuk menghilangkan kondisi ini.

12. Menutup telinga

Tutup telinga selama  20- 35 detik. Kemudian tekan dengan lembut bagian belakang telinga. Cara ini dilakukan untuk mengirimkan sinyal ke saraf vagus yang terhubung ke diafragma.

13. Menekan jempol dan telapak tangan

Cegukan dapat diatasi dengan menekan telapak tangan dan menekan ibu jari (jempol). Menekan telapak tangan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit, tetapi cara ini efektif karena berfungsi sebagai pengalih rasa yang dapat mempengaruhi sistem saraf untuk menghentikan cegukan.

Perlu diketahui, jika cara di atas tidak efektif dalam menghilangkan cegukan yang berkepanjangan. Bila cegukan tidak berhenti juga, maka segeralah berkonsultasi  dengan dokter atau ahli medis.

Sebab,  dokter dapat memberi sebuah resep atau memberikan rangsangan listrik pada saraf di sekitar leher atau di bagian tertentu, dengan menggunakan alat khusus untuk menangani masalah ini.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro