Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Narasi: Pengertian, Struktur, Jenis, Unsur Hingga Contoh Narasi

Teks narasi adalah karangan cerita yang menyajikan serangkaian peristiwa kejadian dan disusun secara kronologi sesuai dengan urutan waktunya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 03 Desember 2022  |  11:20 WIB
Narasi: Pengertian, Struktur, Jenis, Unsur Hingga Contoh Narasi
Narasi - Pixabay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teks Narasi adalah teks yang menceritakan suatu kejadian sesuai urutan waktu. Artinya, cerita dalam narasi adalah cerita yang urut. Narasi seringkali ditemukan dalam tulisan seperti novel, naskah drama, cerpen hingga karya ilmiah. 

Uniknya, narasi ini jenis tulisan yang sangat sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Narasi adalah teks yang tidak hanya digunakan dalam sastra, nonfiksi sastra atau studi akademis. Narasi adalah teks yang juga digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan seperti laporan kinerja, kejadian dan yang lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang narasi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Ciri-ciri teks narasi

  • Dibentuk dari beberapa susunan paragraf dengan gaya bahasa naratif.
  • Isi teks atau karangan berisi tentang suatu cerita, kisah atau peristiwa tertentu.
  • Terdapat peristiwa ataupun konflik.
  • Memiliki unsur-unsur pembentuk teks seperti latar, tema, setting dan karakter.
  • Menyampaikan kronologi atau urutan cerita yang jelas

2. Unsur-unsur teks narasi

  • Setting adalah lokasi kejadian dalam waktu dan tempat.
  • Plot adalah rangkaian peristiwa yang terjadi dalam sebuah cerita.
  • Konflik adalah masalah yang sedang diselesaikan. Plot membutuhkan momen ketegangan, yang melibatkan beberapa kesulitan yang membutuhkan resolusi.
  • Tema adalah unsur paling penting dan paling tidak eksplisit adalah temanya. Ini mencangkup apa moral dan cerita dan apa yang penulis ingin pembaca pahami.
  • Karakter adalah orang-orang dalam cerita yang menggerakkan plot, dipengaruhi oleh plot atau bahkan mungkin menonton plot.

3. Struktur teks narasi

  • Orientasi 
    Orientasi merupakan tahap pengenalan cerita. Penulis memberikan berbagai informasi detail mengenai tokoh yang terlibat, latar belakang tempat dan juga waktunya. 
  • Komplikasi 
    Bagian ini biasanya menjadi tahap penggambaran yang berisikan awal dari masalah atau konflik dalam cerita. Kemudian ada juga reaksi yang diberikan oleh tokoh-tokoh yang terlibat pada masalah tersebut. Dan terakhir klimaks atau puncak masalahnya. 

Kompilasi ini merupakan bagian yang seru dari teks narasi. Sebab kamu bisa menemukan proses jatuh bangun tokoh utamanya, bagaimana cara ia melewati titik terendah dalam hidupnya dan momen apa yang membuatnya bangkit kembali. 

  • Resolusi 
    Resolusi merupakan tahap pemecahan masalah dan ditandai dengan penurunan konflik hingga selesai. Seringkali, banyak orang yang membaca teks narasi mengharapkan akhir atau penyelesaian yang Bahagia. 
  • Coda 
    Coda ini merupakan tahap pembuatan pesan moral dari kisah yang diceritakan. Bagian ini jamak ditulis sebagai penutup cerita. Dan yang paling penting, coda dalam teks narasi itu opsional atau tidak wajib ada. 

4. Jenis narasi

  • Narasi sugestif 
    Jenis narasi ini adalah narasi yang menceritakan hasil dari rekanan, imajinasi atau khayalan penulis yang aktif. Narasi ini melibatkan imajinasi yang disebabkan karena adanya tujuan yang ingin dicapai yaitu kesan dan peristiwa tersebut. 
  • Narasi ekspositorik
    Narasi jenis ini adalah jenis narasi yang bertujuan memberikan informasi secara akurat sesuai fakta yang ada mengenai suatu peristiwa yang dialami seseorang. Biasanya, dalam narasi ini pelaku dalam teks narasi diceritakan mulai dari masa kecil hingga sekarang atau juga hingga akhir hidupnya. 
  • Narasi informatif
    Jenis narasi ini adalah narasi yang memiliki tujuan memberikan informasi akurat mengenai suatu peristiwa untuk bisa memperluas pengetahuan orang mengenai kisah seseorang. 
  • Narasi artistik
    Jenis narasi ini adalah narasi yang berupaya untuk bisa memberikan tujuan dan makna tertentu dengan mengirimkan pesan terselubung kepada pembaca sehingga pembaca seperti sedang melihat langsung. Ketentuannya menyangkut penggunaan bahasa yang logis, berdasarkan fakta dan tidak memberikan unsur sugestif. 

5. Contoh narasi

  • Contoh teks narasi sejarah 
    Sang proklamator Indonesia pernah diasingkan di Banda Neira pada tahun 1936-1942. Selama diasingkan, Bung Hatta membuka kelas sore untuk mengajar anak-anak setempat. Beberapa meja belajar pun dan papan tulis hitam masih terawat hingga kini. 
  • Contoh teks narasi informatif 
    Bersama Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Perdana Menteri (PM) pertama Indonesia, diasingkan di Banda Neira pada tahun 1936-1942. Berbeda dengan Moh Hatta yang pandai mengajar anak-anak setempat, Sutan Sjahrir lebih pandai bersosialisasi dengan penduduk lokal, khususnya kalangan muda. Sutan Sjahrir juga dikenal sebagai Bapak Sosialisme Indonesia. 
  • Contoh teks narasi inspiratif 
    Ayah menyelinap masuk ke kamar adikku yang sudah tertidur pulas dengan tangan berada di bawah pipinya. Ayah terlihat merasa bersalah dan hendak menyesali perbuatannya saat siang tadi. Ayah tidak sengaja membentak dan memukul meja saat adik pulang dengan keadaan menangis karena berkelahi dengan teman sekolahnya. 

Itulah beberapa hal tentang narasi yang mungkin baru kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Narasi teks edukasi Cerita
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top