Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Minim Interaksi Sosial, Ini 20 Pekerjaan Terbaik Bagi Sang Penyendiri

Bagi Anda yang introvert dan lebih suka sendirian daripada keramaian, berikut referensi pekerjaan yang cocok buat Anda.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 07 Desember 2022  |  18:31 WIB
Minim Interaksi Sosial, Ini 20 Pekerjaan Terbaik Bagi Sang Penyendiri
Ilustrasi - Thenewspaperworks
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian orang lebih menyukai bekerja secara individu. Biasanya mereka mendapat label sebagai sosok yang introvert, penyendiri atau pemalu.

Meski demikian, orang yang tidak suka berada di sekitar orang tentunya tidak membatasi pilihan karier, sebab ada banyak pekerjaan berbayar untuk orang yang lebih suka bekerja sendiri. Artinya, kepribadian Anda yang cenderung penyendiri tidak membuat kesempatan kerja menjadi terbatas. 

Di bawah ini adalah pekerjaan yang dapat Anda lakukan tanpa mengubah perilaku sosial Anda. Anda mungkin menemukan pekerjaan yang sempurna untuk diri sendiri.

20 Pekerjaan Terbaik Untuk Orang Penyendiri

1. Video Editor

Penyunting video menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat ulang dan menggabungkan klip video menjadi satu kesatuan. Pekerjaan ini membutuhkan banyak waktu tenang, menyendiri dan sangat cocok untuk orang yang tidak suka keramaian.

2. Desainer Grafis

Seperti video editor, desainer grafis juga melakukan pengeditan gambar yang ada untuk konsumsi publik dan membuatnya berdasarkan kebutuhan bisnis. Pekerjaan ini adalah usaha yang bisa dilakukan secara mandiri

3. Akuntan

Jika Anda suka bekerja dengan angka dan mengatur keuangan, pekerjaan sebagai akuntan mungkin cocok untuk Anda. Anda bisa menghabiskan sepanjang hari dengan angka dan tidak perlu berinteraksi dengan orang lain.

4. Auditor

Auditor adalah seseorang yang bertugas mengaudit beragam laporan keuangan dan kegiatan dari suatu perusahaan, instansi, atau lembaga dan memeriksa apakah sesuai dengan aturan atau tidak. Posisi ini sangat ideal untuk seseorang yang ingin dibiarkan sendiri.

5. Dokter hewan

Jika Anda menyukai hewan, maka menjadi dokter hewan adalah pilihan tepat untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan sebagai seorang penjaga anjing, pelatih hewan, perawat, atau peternak.

6. Programmer

Seorang pemrogram komputer akan disibukkan oleh coding dan membuat situs web. Selain itu, mereka juga dapat membuat aplikasi komputer yang menghemat waktu dan uang pengguna. Ini adalah karir yang menguntungkan untuk dimasuki.

7. Pengelola Konten

Jika Anda senang membuat konten secara strategis yang memperkuat merek perusahaan, maka pekerjaaan sebagai pengelola konten kemungkinan besar cocok untuk Anda. Adapun, pekerjaannya meliputi perencanaan editorial, penerbitan, dan penulisan.

8. Konseptor

Ketika Anda suka menyatukan potongan-potongan teka-teki untuk membuat struktur yang indah, maka pekerjaan sebagai konseptor, di mana Anda dapat merancang bangunan atau mesin sangat cocok untuk Anda.

9. Penulis

Menulis membutuhkan banyak waktu sendiri dan waktu istirahat. Tetapi itu juga berarti Anda harus imajinatif, kreatif, memperhatikan detail, dan memotivasi diri sendiri. Jika ini Anda, carilah karir sebagai penulis.

10. Editor

Setiap penulis membutuhkan editor atau penyunting yang baik untuk memastikan kata-kata mereka masuk akal. Ada beberapa pekerjaan yang meliputi profesi editor, mulai dari pengoreksian, penyalinan, hingga pengeditan struktural sampai pengembangan tulisan.

11. Insinyur

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang insinyur, langkah pertama adalah mendapatkan gelar sarjana Anda di bidang ilmu komputer. Ini adalah karir yang aman dan cara yang baik untuk membuat seorang introvert disibukkan tanpa harus berinteraksi dengan orang

12. Manajer IT

Keamanan komputer adalah bidang yang akan selalu diminati. Jika Anda suka mempelajari setiap aspek dari program perangkat lunak yang digunakan orang, seorang manajer TI adalah bidang yang tepat untuk Anda.

13. Pustakawan

Secara alami, perpustakaan adalah tempat yang sepi, jadi seorang introvert akan menemukan pekerjaan sebagai pustakawan yang sangat cocok. Anda mendapat kesempatan untuk mempelajari semua tentang buku dan Anda akan dikelilingi oleh orang-orang yang melakukan hal yang sama.

14. Manajer Media Sosial

Jika Anda lebih nyaman berinteraksi dengan orang-orang secara virtual, Anda bisa menjadi pengelola media sosial yang hebat. Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus berinteraksi langsung dengan mereka.

15. Peneliti

Jika Anda senang untuk mencari jawaban atas pertanyaan kompleks, maka pekerjaan sebagai peneliti mungkin adalah yang Anda cari. Pecinta sejarah atau sains akan berhasil di bidang ini.

16. Pekerja dengan Keahlian Khusus

Kini banyak keahlian khusus dengan tetap melakukan interaksi manusia secara terbatas. Adapun, beberapa pekerjaannya seperti buruh, tukang ledeng, dan tukang listrik. Pekerjaan ini dapat dikejar melalui serikat pekerja lokal.

17. Pengisi Suara

Jika Anda suka membaca dengan suara keras dan memiliki suara yang memikat, Anda harus mempertimbangkan untuk menjadi pengisi suara. Anda dapat melakukan ini sebagai freelancer dari sebuah perusahaan.

18. Blogger

Blogging sama dengan menulis, adapun hal yang membedakan adalah di mana, Anda mengunggahnya di platform Anda sendiri. Sebagai seorang blogger, Anda dapat bergabung dengan platform lain atau memulai sendiri.

19. Pengarsip

Jika Anda kebetulan memiliki gelar master dalam ilmu kearsipan, karir sebagai seorang arsiparis mungkin tepat seperti yang Anda cari. 

20. Petugas pemakaman

Mungkin Anda tidak suka berada di sekitar orang tetapi tidak masalah dengan orang mati. Sebagai petugas pemakaman, Anda dapat menghasilkan uang yang layak dan menghabiskan sebagian besar waktu Anda sendirian, kecuali untuk bertemu dengan anggota keluarga yang sedang berduka. 

 

Seperti yang Anda lihat, tidak menjadi orang yang ramah tidak harus menghambat pertumbuhan karier Anda. Anda hanya perlu menemukan jalan yang tepat untuk kepribadian unik Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tips Karir karir wanita karir solo karir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top