Erina Gudono/instagram
Entertainment

Sosok Erina Gudono, dari Miss Indonesia jadi Bankir Investasi

Arlina Laras
Jumat, 9 Desember 2022 - 18:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Erina Gudono kini menjadi sorotan publik, karena akan segera menjadi menantu presiden Jokowi.

Erina akan menjalani pernikahan dengan Kaesang Pangarep yang rencananya akan diadakan di Yogyakarta dan Solo, Jawa Tengah besok 10 Desember 2022.

Sebelum dikenal sebagai calon mantu Presiden, Erina Gudono memang dikenal sebagai finalis Puteri Indonesia 2022. Tak hanya itu saja, publik juga mengulik sosok Erina yang ternyata lahir dari keluarga akademisi.

Lantas, siapa sebenarnya sosok dari Erina Gudono ini? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Anak Profesor

Erina Gudono lahir pada 11 Desember 1996 di Philadelphia, Pennyslvania, Amerika Serikat, di mana kedua orang tuanya adalah sosok akademisi.

Berdasarkan situs Universitas Gadjah Mada (UGM) Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang menyebutkan bahwa Profesor Dr. Mohammad Gudono, MBA, Aks, Ph.D (Alm), sosok mendiang sang ayah adalah dosen FEB UGM pada Departemen Akuntansi.

Semasa hidupnya, Profesor Gudono yang telah  meninggal dunia sejak Jumat, 22 Juli 2016 mencatatkan beberapa prestasi kerja yang gemilang, di antaranya Satya Lancana Karya Satya XX dari Presiden RI pada 2013 dan Satya Lencana Kesetiaan 25 tahun dari UGM pada 2013.

Sementara, sang ibu yakni Sofiatun Gudono, M. Si, Aks merupakan seorang dosen, Menurut biodata yang tercantum di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, ibu Erina saat ini, ibunda Erina menjabat sebagai dosen sekaligus rektor dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mitra Indonesia.

Tak hanya sebagai akademisi, calon mertua Kaesang Pangarep ini juga memiliki bisnis batik. Menilik akun Facebook resmi Sohpie Boutique, bisnis tersebut sudah sering mengikuti berbagai pameran ke luar negeri. Salah satunya, pameran East West Economic Corridor (EWEC) di Vietnam dan Indonesia Expo di Bangladesh.

Perjalanan Karier Erina Sofia Gudono

Erina lahir di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, pada 11 Desember 1996. 

Erina Gudono merupakan finalis Putri Indonesia 2022 mewakili DI Yogyakarta. Dia berhasil menembus sampai 11 besar.

Dia pernah menempuh pendidikan di UGM dengan program studi Administrasi Bisnis dan Manajemen. Setelahnya, Erina kembali mengejar gelar S2 di Universitas Colombia dengan jurusan Administrasi Publik. 

Melansir dari Linkedin, selama kuliah, dirinya dikenal sebagai mahasiswa berpretasi, di mana Erina menjadi mahasiswi bisnis lulusan terbaik dengan menerima lebih dari 15 penghargaan global dan nasional selama kuliah. Tak hanya itu, pada tahun 2019 hingga 2020, dirinya pun ditunjuk sebagai Duta Pariwisata Cerdas Indonesia.

Kesuksesan di bidang akademik, menjadikan Erina turut meraih kesuksesan di dunia kerja, terbukti dengan kesuksesannya  mengawali karier di bidang brand management di sebuah perusahaan multinasional.

Erina memulai kariernya secara profesional pada 2020 di Bank Indonesia sebagai Project at Payment System Policy Department dan Assistant Manager Apprenticeship. Dia bekerja di BI sejak April 2019 hingga Juli 2021.

Saat ini, dia bekerja di JP Morgan sebagai Asia analyst, perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. 

Dia juga sempat menjalankan berbagai macam peran di bidang e-commerce.

Selain memiliki karier sebagai analis keuangan, Erina Gudono juga kerap membagikan aktivitasnya sebagai finalis Puteri Indonesia asal Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahkan dengan followers Instagram lebih dari 115.000 pengikut, tak heran jika Erina sering bekerja sama untuk mempromosikan banyak brand dengan melakukan endorsement.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro