Ilustrasi anak sakit demam/istimewa
Health

Mengenal Ciri-ciri Demam yang Ringan Dan Berat

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 Desember 2022 - 09:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut Dr. Mohit Sharma, Konsultan Senior, Departemen Penyakit Dalam, Rumah Sakit Amrita, Faridabad India, suhu tubuh manusia yang normal adalah 36,6 derajat Celcius dan 37 derajat Celcius.

Namun, menurut data dari penelitian terbaru, menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki suhu dasar 36,6 derajat, mungkin mengalami demam ketika mencapai suhu 37 derajat.

Dr Rajiv Dang, Senior Director and HOD Internal Medicine and Medical Director, Max Super Speciality Hospital, Gurugram mengatakan bahwa suhu tubuh bervariasi di masing-masing orang, bahkan sejak pagi hingga sore hari.

Suhu minimum di pagi hari dan saat matahari terbit membuat seluruh bumi dan atmosfer menjadi panas, tubuh manusia juga perlahan menghangat dan suhu tubuh maksimum tercatat terjadi antara pukul 6 sore hingga 10 malam setelahnya.

37, 4 derajat celcius adalah batas atas suhu normal untuk jam larut malam. Suhu yang sama yang dicatat pada jam pagi sekitar pukul 7 hingga 8 pagi dianggap sebagai demam atau dianggap sebagai rekor yang jauh di atas usia normal yang rentan.

Jadi, kapan suhu tubuh itu bisa disebut demam dan berbahaya? 

Banyak orang merasa demam, tapi tidak menganggapnya serius. 

Ada sejumlah demam selama 2 hingga 3 hari yang berlangsung singkat dan Anda tidak perlu mengobatinya. Tetapi, durasi demam berlangsung selama 7 hari.

Untuk demam berdarah, demam akan mereda pada hari ke 4 atau 5 tetapi ini sebenarnya merupakan fase komplikasi atau penurunan trombosit atau ketidakseimbangan cairan. Jadi tidak semua demam bisa dideskripsikan yang sama.

Demam sering diremehkan tetapi bisa disebabkan oleh infeksi ringan atau sembuh sendiri atau berpotensi serius. Tapi juga bisa jadi infeksi berat.

Infeksi masih menjadi salah satu pembunuh terbesar, meskipun ilmu kedokteran telah maju secara signifikan dan sudah banyak jenis pengobatan.

“Parasetamol digunakan untuk menurunkan demam, tapi jika demam berlanjut, maka Anda harus segera konsultasi ke dokter," menurut sebuah penelitian dilansir dari Times of India.

Pengobatan demam

Pada anak-anak usia kurang dari 2-3 tahun, demam yang sangat tinggi harus segera diturunkan karena dapat menyebabkan kejang demam. Selain itu, demam pada anak-anak sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus yang sembuh sendiri, tetapi terkadang dapat menyebabkan penyakit parah.

Jadi, jika anak tidak makan, bermain atau berperilaku seperti biasanya, bahkan setelah demam turun dengan parasetamol, disarankan segera mencari pertolongan medis dari dokter anak. Juga, kita harus berhati-hati dengan dosis parasetamol yang harus dihitung dengan hati-hati sesuai dengan berat badan.

Pada lansia, jika mengalami infeksi yang sangat serius, mungkin tidak mengalami demam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro