Objek wisata di Sumba/Unsplash
Travel

Simak 7 Rekomendasi Wisata Sumba, Surganya Nusa Tenggara Timur

Hana Fathina
Selasa, 20 Desember 2022 - 02:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur ini sudah tidak diragukan lagi akan keindahannya. Pesona alam luar biasa memukau menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Kamu bisa menjelajah berbagai macam destinasi, mulai dari pantai,air terjun, danau hingga bukit yang tersedia di Sumba. Untuk itu, kamu perlu mengetahui wisata Sumba. 

Untuk berkunjung ke Sumba, kamu bisa melalui jalur laut yaitu melewati Bali. Sedangkan penerbangan Jakarta tidak ada rute langsung, melainkan harus transit. Pilihan transit ada dua, bisa di Bali atau di Kupang. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata Sumba yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Pantai Walakiri

Pantai ini merupakan sebuah pantai dengan bentangan pasir putih yang lembut terdiri dari dua jenis pasir putih yang berbeda. Ada yang berupa pasir putih pada umumnya ada juga pasir putih yang sangat lembut dan basah serta keberadaan hutan mangrove atau pohon bakau kerdil yang memikat. 

2. Bukit Warinding

Jika kamu datang Ketika musim hujan maka hamparan perbukitan akan berwarna hijau menyejukkan, namun jika datang Ketika musim kemarau akan terlihat seperti savana yang ada di afrika. Selain menikmati keindahan alam yang ada di depan mata, kamu juga bisa menikmati sunset yang sangat indah dari atas bukit.

3. Pantai Watu Bella

Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih serta deretan tebih putih yang menjulang tinggi. Birunya laut bersatu dengan birunya langit yang ada di sekitar bukit, membuat mata ini seakan tidak mau berkedip melihat keindahan pemandangan di tempat ini. Di atas tebing yang ada di sekitar pantai terbentang padang rumput yang dimanfaatkan warga sekitar sebagai tempat untuk menggembala hewan peliharaan. 

4. Kampung Adat Praijing

Wisata budaya ini menghadirkan keunikan tersendiri. Di tempat ini terdapat 38 rumah adat yang bisa kamu lihat disini. Hal yang mencolok adalah barisan atapnya. Selain itu,rumah ini juga memiliki makna yang khas. Misalnya seperti pada rumah dibagi menjadi tiga bagian yang melambangkan simbol dari keseimbangan alam.

5. Lapangan Pasola Lamboya

Lapangan ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk bermain lembing kayu. Disini kamu akan melihat permainan ketangkasan dengan melempar lembing kayu dari atas punggung kuda. Selain menikmati aktivitas budaya yang sangat unik, kamu akan dibuat terpukau dengan pesona alam yang diberikan. 

6. Puru Kambera

Wisata ini menyajikan pantai dan padang savana yang bagus. Pantai yang dikelilingi dengan pohon cemara ini menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau. Kamu bisa istirahat sejenak untuk menikmati keindahan dengan ditemani suara deburan ombak yang tenang.

7. Danau Weekuri

Weekuri sendiri memiliki arti dalam bahasa sunda yaitu percikan. Hal ini dikarenakan danau yang indah ini terbentuk dari adanya percikan air laut yang menembus ke dalam batu karang. Untuk kedalamannya sendiri berkisar antara 30 cm hingga 2,5 meter. Dikelilingi dengan bebatuan yang cantik membuat wisata ini memiliki panorama alam yang mengagumkan. Tidak hanya itu, bebatuan yang indah ini juga dihiasi dengan tanaman kaktus. 

Itulah beberapa wisata di Sumba yang memukau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro