Simak, Ini 7 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya - Dok. ITB
Health

Ini 8 Manfaat Daun Binahong dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Nuraini
Rabu, 4 Januari 2023 - 10:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh sudah terkenal sejak dahulu. Terbukti dengan adanya obat-obat herbal yang berasal dari bagian-bagian tanaman ini, seperti bunga, akar, umbi, maupun daun binahong. 

Salah satu manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi daun binahong yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Lantas, Apa saja manfaat daun binahong lainnya? Temukan jawabannya pada penjelasan berikut ini.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Kandungan daun binahong yang cukup lengkap membuat manfaat dari bahan alami ini semakin beragam. Dikutip dari SehatQ dan Halodoc, berikut sejumlah manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh. 

1. Mencegah komplikasi diabetes

Salah satu komplikasi diabetes adalah katarak. Katarak terjadi saat kadar gula sudah tidak terkontrol. Berdasarkan penelitian yang dicobakan pada hewan, daun binahong mengandung senyawa antioksidan berupa flavonoid yang berperan sebagai anti-katarak togenik. Meskipun begitu, manfaat ini masih perlu diteliti lebih lanjut demi keamanan bagi manusia.

2. Membantu pertumbuhan rambut

Khasiat daun binahong selanjutnya dapat membantu pertumbuhan rambut. Hal ini dapat terjadi karena kandungan daun binahong berupa vitamin E yang dapat meningkatkan aliran darah dan mengalirkan nutrisi ke folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut dapat terjadi. 

3. Menyembuhkan sakit perut

Sakit perut akibat telat makan dapat menyebabkan pencernaan tidak bekerja tepat waktu. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi minuman herbal dari daun binahong. Meskipun begitu, sakit perut akibat telat makan masih bisa dicegah dengan disiplin makan tepat waktu.

4. Menyembuhkan gatal dan peradangan

Daun binahong juga dipercaya bisa menyembuhkan gatal dan peradangan. Manfaat daun binahong untuk gatal dikarenakan daun ini mengandung flavonoid, asam ursolat, dan asam oleanolik. Akan tetapi, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut. 

5. Menyembuhkan luka dan perawatan kulit

Kandungan daun binahong berupa minyak atsiri dan asam askorbat dapat membantu penyembuhan luka. Manfaat daun binahong untuk luka dapat diperoleh dengan menumbuk daun binahong sampai halus dan dioleskan pada kulit yang luka. Selain itu, manfaat daun binahong lainnya dapat mencegah penuaan dini dan merawat kulit agar tetap sehat.  

Manfaat Daun Binahong Untuk Wajah

Selain berguna untuk menunjang kesehatan tubuh, daun binahong juga memiliki sejumlah manfaat untuk wajah. Dikutip dari Halodoc, berikut beberapa manfaat daun binahong untuk wajah. 

1. Mengencangkan kulit

Khasiat daun binahong untuk wajah yang pertama dapat mengencangkan kulit. Kulit yang kencang dapat meningkatkan kepercayaan diri, terutama bagi wanita. Khasiat daun ini dapat dirasakan setelah mengkonsumsi air rebusan dari daun binahong 

2. Menghilangkan komedo di wajah

Komedo adalah salah satu masalah yang sering muncul di wajah. Kondisi ini terdapat membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri. Komedo di wajah ternyata dapat dihilangkan dengan air rebusan daun binahong yang diaplikasikan sebagai pencuci wajah. 

3. Menghaluskan kulit

Manfaat rebusan daun binahong selanjutnya dapat menghaluskan kulit wajah. Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara merebus 20 lembar daun binahong dalam 500 mililiter air. Setelah air rebusan dingin, sudah dapat digunakan untuk mencuci muka. Manfaat rebusan daun binahong ini dapat dirasakan secara optimal apabila dilakukan setiap dua kali sehari. 

Efek Samping Daun Binahong

Meskipun memiliki banyak manfaat, penggunaan daun binahong yang berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik. Menurut keterangan di Hellosehat.com, berikut sejumlah efek samping daun binahong yang perlu diwaspadai. 

  • Mual dan muntah. 
  • Diare.
  • Jantung berdebar dengan kencang. 
  • Pusing. 
  • Alergi. 
  • Sakit pada area perut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro