Ragam Manfaat Sirih untuk Kesehatan Tubuh (pexels)
Health

Ini 9 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Jerawat

Nuraini
Selasa, 3 Januari 2023 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Sirih merupakan tanaman herbal yang banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Sebagai tanaman herbal, manfaat daun sirih sangat baik untuk kesehatan. Manfaat tersebut juga ditunjang oleh banyaknya nutrisi dalam daun sirih.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas seputar kandungan daun sirih dan beragam manfaat dari tanaman ini. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Daun Sirih

Sama halnya tanaman herbal lainnya, sirih juga mengandung banyak nutrisi dan senyawa baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan dalam daun sirih, antara lain; protein, sodium, iodine, vitamin A, B1, B2, flavonoid, asam nikotinat, tanin, fenol, saponin, minyak atsiri, dan polifenol.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Tanaman sirih terbagi menjadi dua yaitu daun sirih merah dan hijau. Keduanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari alodokter.com, berikut beberapa manfaat daun sirih untuk menunjang kesehatan tubuh.

1. Mengobati luka

Sirih merah diketahui mempunyai saponin yang memiliki sifat antiseptik. Kandungan tersebut diketahui bisa menyembuhkan luka. Tak hanya itu, daun sirih juga mengandung tani yang berguna untuk membentuk kolagen baru sehingga luka menjadi cepat sembuh.

2. Menghalau radikal bebas

Radikal bebas adalah salah satu penyebab penyakit. Hal tersebut dikarenakan radikal bebas dapat merusak sel tubuh. Kandungan yang ada dalam daun sirih dipercaya bisa menangkal radikal bebas.

3. Mencegah infeksi bakteri

Kandungan fenol dan flavonoid pada daun sirih diketahui bisa mencegah infeksi bakteri. Dengan demikian risiko terkena penyakit akibat bakteri patogen bisa dihindari.

4. Mengobati penyakit diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sulit disembuhkan. Daun sirih ternyata bisa me menjadi salah satu obat alami untuk penyakit ini. Hal tersebut dikarenakan daun sirih mengandung flavonoid, alkaloid, dan tanin yang dapat menurunkan kadar gula.

Berdasarkan penjelasan di Hellosehat, daun sirih juga mengandung antioksidan yang bisa menurunkan kadar gula. Antioksidan tersebut juga dapat mengurangi stres dan menyeimbangkan hormon insulin. Dengan demikian, kadar gula menjadi lebih stabil dan tubuh terhindar dari penyakit diabetes.

5. Mengatasi gangguan pada lambung

Daun sirih juga diketahui bisa mengatasi gangguan pada lambung. Manfaat daun sirih untuk lambung diketahui bisa meningkatkan lendir yang fungsinya menjaga organ pencernaan. Adanya lendir tersebut, maka luka pada lambung dan usus bisa dicegah.

Selain itu, daun sirih juga bisa meminimalisir gejala GERD dan menetralkan pH lambung. Dengan demikian, gejala maag, asam lambung, hingga kembung bisa dihindari.

6. Mengatasi keputihan

Keputihan merupakan salah satu masalah yang sering dialami perempuan. Kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan bahan alami, seperti daun sirih. Manfaat daun sirih bagi wanita ini dapat diperoleh dengan cara menggunakan air rebusan yang dipadukan dengan kunyit maupun rempah-rempah lainnya.

7. Mengurangi rasa nyeri saat haid

Manfaat daun sirih untuk wanita lainnya yaitu dapat mengurangi nyeri haid. Biasanya, daun sirih dipadukan dengan kunyit sehingga rasa nyeri bisa lebih cepat teratasi.

8. Membuat mata menjadi lebih bersih

Berdasarkan penjelasan di jurnal Fitofarmaka (2015), manfaat daun sirih untuk mata yaitu bisa membersihkan mata. Hal tersebut dikarenakan daun sirih mempunyai senyawa alami, sehingga penggunaan daun sirih yang tidak berlebihan relatif aman untuk mata.

9. Menyembuhkan jerawat

Daun sirih juga diketahui dapat membantu menyembuhkan jerawat. Manfaat daun sirih untuk wajah ini dikarenakan terdapat kandungan tanin, saponin, dan flavonoid yang bersifat anti bakteri. Dengan demikian, risiko jerawat akibat bakteri bisa diminimalisir.

Itulah sejumlah manfaat rebusan daun sirih perlu diketahui. Manfaat tersebut akan dirasakan apabila dikonsumsi atau digunakan dalam jumlah sewajarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro