Lambung/Istimewa
Health

Awas! Nitrogen Cair Bisa Buat Lambung Bocor

Arlina Laras
Selasa, 17 Januari 2023 - 15:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI Muzal Kadim, mengatakan makanan mengandung nitrogen cair bisa membuat lambung bocor.

Dia menerangkan, meski chiki ngebul yang dibuat dengan mencampurkan makanan ringan dengan nitrogen cair ini menawarkan sensasi makan snack dingin dan juga mulut yang mengeluarkan asap. Namun ternyata ada kandungan bahaya nitrogen cair yang perlu diwaspadai.

"Nitrogen cair itu memang gas yang berbahaya kalau dibekukan apalagi cairan tersebut ditelan, sedangkan asapnya itu dihisap secara terus menerus," katanya, Selasa (17/1/2023).

Dia menerangkan, sebenarnya nitrogen merupakan gas , namun dapat berbahaya ketika menjadi cairan dan ditelan masuk kedalam pencernaan yang bisa menyebabkan lambung bocor atau harus dioperasi.

“Kalau 1 mililiter menjadi 700 mililiter, kalau secara cepat masuk ke lambung, menguap menjadi 700 mililiter, kapasitas lambung kan kecil ya. Paling-paling enggak sampai 100 mililiter. Kalau langsung mengembang secara cepat, alhasil perut jadi kembung," jelasnya pada awak media. 

Sedangkan dari segi dinginnya, Muzal menerangkan bahwa nitrogen cair yang tertelan akan masuk ke ruangan tertutup, di mana tubuh mempunyai suhu yang hangat.

Maka, cairan nitrogen tersebut akan menguap secara cepat menjadi volume besar, lalu menimbulkan luka dingin, nah ini yang berbahaya. di mana gejalanya sakit perut hebat, begah hingga begah.

Apa itu lambung bocor

Gastrointestinal perforation atau lambung bocor merupakan kondisi ketika lambung bocor atau terdapat lubang di lambung. Selain bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat menyiksa, jika dibiarkan lambung bocor bisa mengganggu sistem pencernaan, dan menyebabkan banyak komplikasi serius.

Kebocoran lambung biasanya menimbulkan gejala berupa sesak nafas, kelelahan, jumlah urine, feses dan gas yang berkurang, jantung berdebar, pusing, hingga nyeri perut hebat. Dalam kondisi yang lebih berat, kebocoran di lambung bisa memicu BAB berdarah dan muntah darah.

Lambung bocor sendiri bisa disebabkan karena banyak faktor, beberapa diantaranya adalah: 

1. Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan kondisi yang terjadi ketika lambung terluka akibat infeksi bakteri, atau karena sebab lainnya. Jika terus dibiarkan, asam lambung akan terus mengikis bagian lambung yang terluka hingga menyebabkan kebocoran. 

Tukak lambung biasanya ditandai dengan nyeri atau panas di area dada, nyeri di ulu hati yang sangat menyiksa, mual, muntah dan lainnya. Jika tidak diatasi dengan baik, tukak lambung bisa berkembang menjadi kebocoran pada lambung.

2. Menelan Benda Asing

Tanpa sengaja terkadang kita melakukan kesalahan dengan menelan benda asing yang berpotensi membahayakan lambung, misalnya serpihan kaca yang tercampur dalam makanan, patahan gigi, tulang ikan, dan benda keras lainnya.

Selain benda keras yang tidak bisa dihancurkan dan berpotensi membuat goresan, lambung bocor bisa disebabkan oleh mengkonsumsi bahan kimia, seperti kimia alkali atau bahan kimia berbahaya, seperti deterjen, pembersih kamar mandi, pembersih toilet dan lainnya. 

3. Kanker Lambung

Kanker lambung merupakan salah satu jenis kanker yang berpotensi besar menyebabkan kebocoran di lambung. Kemunculan kanker lambung bisa dikenali dengan tanda yang mirip sakit maag, namun bersifat akut, seperti mual, muntah, nyeri di ulu hati, dan lainnya. 

Penyakit ini terjadi ketika pertumbuhan sel abnormal di lambung mengalami peningkatan tidak terkendali. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya kanker lambung, mulai dari faktor genetik, kebiasaan merokok, dan komplikasi dari penyakit lainnya.

4. Cedera Perut

Terkadang ada insiden tidak terduga dan berpotensi mengancam nyawa yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mendapat tusukan, mengalami benturan keras, kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan luka robek di area perut, jadi korban penembakan dan lainnya. 

Kondisi-kondisi di atas tidak hanya dapat melukai tubuh bagian luar, tapi bisa menyebabkan cedera serius di organ dalam, termasuk menyebabkan kebocoran lambung. Dalam kasus ini, kebocoran pada lambung tidak menimbulkan gejala, namun menyebabkan dampak yang sama pada kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro