Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 12 Cara Mengatasi Sakit Perut yang Ampuh dan Tanpa Obat

Sakit perut merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa dialami siapa saja. Berikut beberapa cara mengatasi sakit perut dengan bahan alami.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 17 Januari 2023  |  19:15 WIB
Simak 12 Cara Mengatasi Sakit Perut yang Ampuh dan Tanpa Obat
12 Cara Mengatasi Sakit Perut Tanpa Obat Kimia / Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit perut merupakan masalah kesehatan yang umum dialami semua orang. Namun, apabila dibiarkan bisa menjadi semakin parah.

Cara mengatasi sakit perut tidak harus selalu menggunakan obat. Berikut ini cara mengatasi perut sakit tanpa obat. 

Cara Menghilangkan Sakit Perut Tanpa Obat

Sakit perut dapat dihilangkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi air putih. Selain itu, masih ada beberapa cara menghilangkan sakit perut tanpa obat-obatan. Dilansir dari situs Eka Hospital dan Ciputra Hospital, berikut beberapa cara meredakan sakit perut melilit.  

1. Mandi air hangat 

Rasa hangat diketahui dapat meredakan rasa sakit. Oleh karena itu, salah satu cara meredakan sakit perut bisa dengan mandi air hangat agar otot perut menjadi rileks.

2. Menggunakan kantong panas 

Cara meredakan sakit perut juga bisa dilakukan dengan menggunakan kantong panas. Kantong panas dapat menghangatkan perut agar gejala mual dan sakit perut bisa berkurang.

3. Menghindari berbaring

Berbaring dengan posisi horizontal dapat menyebabkan refluks atau naiknya makanan ke esofagus. Hal ini dapat memperparah rasa sakit. Jadi, sebaiknya hindari berbaring untuk meredakan sakit perut. 

4. Mengonsumsi teh herbal

Teh kamomil dikenal dapat mengurangi gas dalam perut. Senyawa anti radang pada teh kamomil dapat membantu otot perut rileks dan mengurangi sakit perut.

5. Minum campuran air putih, air lemon, dan soda kue

Cara mengatasi sakit perut yang tak kunjung sembuh juga bisa dengan minum campuran air putih, air lemon, dan soda kue. Kandungan dalam ketiga bahan tersebut dinilai bisa meredakan perut sakit melilit. 

6. Minum air kelapa

Cara meredakan sakit perut melilit juga bisa dengan minum air kelapa. Kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa dapat meredakan nyeri, kram, dan kejang otot. 

7. Mengkonsumsi jahe

Kandungan anti inflamasi dalam jahe dapat membantu mengatasi sakit perut. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen, teh, ekstrak, dan pelega tenggorokan. 

8. Mengkonsumsi mint

Daun mint mengandung mentol yang bersifat sebagai analgesik alami yang dapat mengatasi muntah, diare, dan meredakan rasa sakit. Mint dapat dikonsumsi secara langsung maupun dengan cara diseduh bersama teh.

9. Mengkonsumsi daun basil dan buah tin

Cara mengatasi sakit perut di malam hari atau siang hari juga bisa dengan mengkonsumsi daun basil dan buah tin. Daun basil diketahui dapat meredakan gas dalam perut karena mengandung asam linoleat yang bersifat anti radang. Buah tin juga dapat meredakan sembelit dan maag. 

10. Menghindari makanan pedas berlemak, sulit dicerna, dan porsi besar

Cara menghilangkan sakit perut tanpa obat selanjutnya dengan menghindari makanan yang dapat memicu sakit perut seperti makanan pedas berlemak dan dalam porsi besar. Ketika sakit perut sebaiknya memakan buah dan sayur-sayuran agar perut terasa lebih nyaman. 

11. Memijat kaki

Cara mengatasi sakit perut berulang juga bisa dengan memijat kaki. Teknik memijat menjadi salah satu cara mengatasi sakit perut di malam hari karena caranya yang tergolong mudah. Caranya dengan memijat kaki bagian lengkungan tengah dari kaki kiri. 

12. Menerapkan diet rendah serat

Diet rendah serat hanya bisa dilakukan selama tiga hari berturut-turut untuk mencegah gangguan gizi. Komposisi makanan diet rendah serat antara lain nasi, pisang, saus apel, dan roti panggang. Cara mengobati sakit perut ini dapat membantu meredakan iritasi akibat maag dan diare. 

Itulah beberapa cara menyembuhkan sakit perut dengan menggunakan bahan alami. Apabila semua cara di atas sudah dilakukan dan sakit perut tak kunjung sembuh, segeralah untuk berobat ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sakit perut Bahan Alami tips sehat tips gaya hidup kesehatan sakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top