Kandungan Bawang Bombay, Manfaat, dan Efek Sampingnya(pexels)
Health

Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan, Serta Efek Sampingnya

Nuraini
Minggu, 22 Januari 2023 - 12:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bawang bombay merupakan salah satu rempah yang mampu memberikan cita rasa lezat pada makanan. Selain itu, manfaat bawang bombay ini beragam dan mengandung berbagai nutrisi.

Berdasarkan penjelasan di Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan nutrisi dalam bawang bombay, antara lain: air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng.

Tak hanya itu, bawang bombay juga mengandung vitamin seperti; beta-karoten, karoten total, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C. 

Kandungan nutrisi tersebut membuat bawang bombay memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat dan efek samping bawang bombay? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat menurunkan kolesterol jahat sehingga kesehatan jantung dapat terjaga. Manfaat ini dirasa lebih efektif apabila bawang bombay dikonsumsi mentah secara rutin. 

2. Melancarkan peredaran darah

Manfaat makan bawang bombay lainnya yaitu dapat melancarkan peredaran darah. Hal ini berkat kandungan fitokimia yang dapat membantu mengoptimalkan vitamin C dalam tubuh sehingga inflamasi dapat mereda dan peredaran darah berjalan lancar.

3. Mencegah osteoporosis

Bawang bombay mengandung senyawa khusus yang dapat mencegah osteoporosis alami. Manfaat ini diperoleh setelah makan bawang bombay secara rutin. 

4. Membantu mengontrol gula darah

Kromium dalam bawang bombay berperan dalam membantu sel merespon kinerja insulin sehingga kadar gula darah dapat terkontrol. Dengan demikian, bawang ini bisa menjaga kadar gula dalam darah. 

5. Melancarkan pencernaan

Serat berperan penting dalam proses pencernaan. Bawang bombay mengandung serat yang dapat mencegah dari berbagai masalah pencernaan, salah satunya sembelit.  

6. Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat bawang bombay untuk kulit yaitu dapat mencerahkan kulit. dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dalam Klikdokter menyebutkan bahwa, kandungan vitamin A, C, dan E yang membuat kulit lebih cerah. Kandungan tersebut juga berperan sebagai antioksidan sehingga sel kulit terhindar dari kerusakan akibat sinar UV. 

7. Melawan tanda-tanda penuaan

Perlambatan tanda-tanda penuaan menjadi salah satu manfaat bawang bombay untuk kulit. Quercetin berperan sebagai anti kerutan. Selain itu, kandungan vitamin dan sulfur dalam bawang bombay juga dapat melindungi tekstur dan menjaga kekenyalan kulit. 

8. Meningkatkan imunitas

Imunitas adalah daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. Makan bawang bombay diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh tidak terserang penyakit. 

9. Mencegah asma

Kandungan belerang pada bawang bombay dapat menghentikan rantai biokimia penyebab asma. Selain itu, bawang bombay juga mampu mencairkan dahak sehingga saluran pernafasan menjadi lebih lega. 

10. Mencegah kanker

Kandungan quercetin dan flavonoid pada bawang bombay baik untuk kesehatan. Flavonoid berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel dari radikal bebas. Quercetin dapat memperlambat dan menghentikan pertumbuhan sel tumor serta melindungi sel dari ancaman kanker, terutama kanker usus besar.

Efek Samping Bawang Bombay Berlebih 

Manfaat makan bawang bombay memang banyak, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. dr. Veranita dalam SehatQ, menyebutkan bahwa bawang bombay memiliki beberapa efek samping, seperti berikut. 

  • Mengakibatkan bau badan.
  • Menyebabkan perut kembung dan meningkatkan jumlah gas di perut. 
  • Menimbulkan keluhan radang pada penderita GERD.

Itulah beberapa manfaat dan efek samping bawang bombay. Manfaat makan bawang bombay dapat diperoleh sebab kandungannya yang baik untuk kesehatan. Namun perlu diperhatikan bahwa konsumsi bawang bombay secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping kurang baik untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro