Bawang bombay
Health

Ternyata, Bawang Bombay Bisa Atasi Dampak Buruk Cuaca Panas pada Tubuh Lho, Ini Alasannya

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 12 April 2024 - 12:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menambahkan bawang bombay dalam masakan menambah citarasanya lebih kaya dan enak.

Bahkan banyak orang yang menyukai makanan bawang bombay tepung

Bawang bombay, yang biasa digunakan dalam masakan kuliner di seluruh dunia, menawarkan lebih dari sekedar rasa dan aroma—bawang bombay juga memiliki khasiat unik yang dapat membantu mengurangi efek panas selama bulan-bulan musim panas.

Di beberapa wilayah di India, mengonsumsi bawang mentah merupakan bagian penting dari makanan.

Misalnya, Odias suka menyantap bawang mentah di musim panas bersama dengan pakhala bhata (nasi fermentasi). Hal ini membantu penduduk asli negara bagian pesisir India tetap terhidrasi selama musim panas yang terik.

Berikut cara bawang bombay dapat menyelamatkan Anda dari efek panas:

1. Menjaga Keseimbangan hidrasi dan elektrolit

Selama bulan-bulan musim panas, tetap terhidrasi sangat penting untuk mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit. Bawang bombay mengandung kandungan air yang tinggi sehingga berkontribusi terhadap hidrasi saat dikonsumsi.

Selain itu, mereka menyediakan elektrolit penting seperti potasium, yang membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Memasukkan bawang bombay ke dalam makanan Anda dapat mendukung hidrasi dan mencegah ketidakseimbangan elektrolit yang disebabkan oleh keringat berlebih saat cuaca panas.

2. Sifat pendinginan

Bawang memiliki sifat pendingin alami yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan meredakan panas. Saat dikonsumsi mentah atau dimasak sebentar, bawang bombay melepaskan senyawa seperti senyawa quercetin dan sulfur, yang memiliki efek mendinginkan tubuh.

Senyawa ini merangsang keringat, meningkatkan hilangnya panas melalui penguapan dan membantu mekanisme pendinginan alami tubuh. Menambahkan bawang bombay ke dalam salad, sandwich, atau sup dingin dapat meningkatkan sifat mendinginkannya dan membantu Anda mengatasi panasnya musim panas.

3. ​Perlindungan antioksidan​

Panasnya musim panas dapat meningkatkan stres oksidatif dalam tubuh, yang menyebabkan kerusakan sel dan peradangan. Bawang kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid, senyawa fenolik, dan vitamin C, yang membantu menetralisir radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Mengonsumsi bawang bombay secara rutin dapat memberikan perlindungan antioksidan terhadap efek berbahaya radiasi UV dan racun lingkungan yang terkait dengan paparan panas musim panas.

4. ​Manfaat anti inflamasi​

Peradangan adalah respons umum terhadap stres yang berhubungan dengan panas dan paparan sinar matahari selama bulan-bulan musim panas. Bawang bombay mengandung senyawa anti inflamasi seperti senyawa quercetin dan sulfur, yang terbukti mengurangi peradangan dan meringankan gejala kondisi terkait panas seperti sengatan matahari dan ruam panas. Memasukkan bawang bombay ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan kulit selama musim panas.

​5. Dukungan pencernaan​

Ketidaknyamanan dan kelesuan pencernaan adalah masalah umum selama cuaca panas, karena suhu tinggi dapat mempengaruhi pencernaan dan nafsu makan. Bawang mengandung serat makanan, prebiotik, dan enzim pencernaan yang mendukung kesehatan pencernaan dan meningkatkan keteraturan. Makanan kaya serat seperti bawang bombay dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan usus secara keseluruhan, memastikan penyerapan nutrisi yang optimal dan efisiensi pencernaan selama bulan-bulan musim panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro