Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menkes Resmikan DTO Space, Markas Tim Transformasi Digital Kesehatan

DTO memiliki peranan penting dalam mewujudkan pilar keenam, yaitu transformasi teknologi kesehatan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  15:19 WIB
Menkes Resmikan DTO Space, Markas Tim Transformasi Digital Kesehatan
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam peresmian DTO Space - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin resmikan DTO Space yang menjadi markas bagi tim percepatan transformasi digital kesehatan, Digital Transformation Office (DTO), di kompleks Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jumat (20/1).

‘DTO Space’ merupakan nama yang dipilih untuk menyebut ruang kerja Tim DTO yang berlokasi di Gedung Prof. Sujudi Kemenkes RI dengan merenovasi dan memanfaatkan fasilitas ruang yang ada di wilayah perkantoran Kementerian Kesehatan di Rasuna Said.

Dalam sambutannya, Menkes Budi memberikan selamat atas tersedianya fasilitas baru, sekaligus apresiasi kepada Tim DTO yang telah menghadirkan berbagai inovasi di masa pandemi melalui pemanfaatan kemajuan teknologi demi mengoptimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ada enam pilar transformasi kesehatan. DTO memiliki peranan penting dalam mewujudkan pilar keenam, yaitu transformasi teknologi kesehatan. Semoga DTO Space dapat menjadi ruang kerja yang memadai dalam mewujudkan misi tersebut,” dikutip dari siaran resmi, Selasa (24/1/2023).

Menkes Budi berharap hadirnya kantor berkonsep open space ini dapat menciptakan ruang kerja yang nyaman demi percepatan pengembangan inovasi teknologi dan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia serta dalam menghadapi tantangan kesehatan global di masa depan.

Menkes menjelaskan, misi transformasi digital kesehatan tersebut telah dimulai hadirnya platform standardisasi dan integrasi data kesehatan individu antar fasyankes dalam bentuk rekam medis elektronik (RME) bernama SATUSEHAT.

Platform SATUSEHAT sendiri akan menjadi bagian dari arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) nasional untuk menghasilkan layanan publik yang terintegrasi di bidang kesehatan sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 132 Tahun 2022.

“Bersama Ditjen Yankes, Pusdatin-DTO berperan dalam pelaksanaan teknis pengembangan platform SATUSEHAT. Hal ini selaras dengan visi pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan dan layanan berbasis elektronik,” kata Menkes Budi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Abdullah Azwar Anas yang turut hadir dalam acara tersebut juga menyampaikan selamat atas fasilitas baru yang ditempati oleh Tim DTO, serta mengapresiasi atas upaya Tim DTO yang turut mewujudkan arsitektur SPBE nasional.

“Apa yang telah dilakukan Kemenkes RI merupakan bagian dari upaya penguatan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, dan saya apresiasi sebesar-besarnya atas inisiasi integrasi data kesehatan individu dengan hadirnya platform SATUSEHAT,” kata Menteri PANRB Anas.

Anas mengaku Kementerian PANRB akan mendukung penuh upaya yang telah dilakukan oleh Kemenkes RI. “Tentunya, kolaborasi ini sangat baik. Dengan digitalisasi, tata kelola maupun pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dapat lebih efisien dan mudah dijangkau oleh masyarakat,” tutup Anas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes menkes kesehatan teknologi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top