Inilah Manfaat Sirih Cina dan Efek Sampingnya - Pixabay
Health

Inilah Manfaat Sirih Cina dan Efek Sampingnya

Nuraini
Selasa, 24 Januari 2023 - 21:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sirih cina menjadi salah satu tumbuhan liar yang banyak ditemukan di sekitar. Meskipun sirih cina ini tergolong rumput liar tetapi manfaatnya tidak diragukan lagi.

Manfaat sirih cina diketahui ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit dan sudah banyak diandalkan sejak zaman dulu. Simak penjelasan kandungan daun sirih cina dan manfaatnya berikut ini. 

Kandungan Sirih cina

Manfaat daun sirih cina ditunjang oleh kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang ada didalamnya. Sirih cina memiliki beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalium
  • Kalsium
  • Lemak
  • Zat besi
  • Zink
  • Tembaga

Manfaat Sirih cina Untuk Kesehatan

Berkat berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki oleh seri cina membuatnya memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh. Melansir dari beberapa sumber, berikut ragam manfaat daun sirih cina bagi kesehatan.

1. Membantu meningkatkan penyembuhan penyakit mata

Khasiat daun sirih cina yang pertama yaitu membantu untuk proses pemulihan pada pasien sakit mata. Berdasarkan penjelasan di Journal of Integrative Medicine, sirih cina merupakan tanaman dengan kandungan senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan serta anti peradangan. Kandungan tersebut bisa membantu untuk pemulihan mata dari katarak serta konjungtivitis. 

2. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Khasiat sirih cina selanjutnya yaitu untuk meningkatkan sistem pencernaan. Daun sirih cina terbukti bisa membantu untuk mencegah kerusakan pada mukosa lambung, lapisan selaput lendir, serta lubang gastrointestinal. 

Daun sirih cina ini bisa dijadikan sebagai obat-obatan alternatif apabila anda menderita masalah kesehatan yang berkaitan dengan pencernaan. 

3. Mengobati asam urat

Kegunaan daun sirih cina selanjutnya yaitu membantu untuk mengobati asam urat. Dari cina sangat bermanfaat untuk bisa mengurangi gejala asam urat. Sirih cina mengandung zat yang bisa dimanfaatkan untuk obat herbal alternatif bagi penderita asam urat.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat selanjutnya dari sirih cina yaitu bisa membantu untuk menurunkan kolesterol. Mengkonsumsi sirih cina ini akan membantu untuk mengurangi kolesterol dalam darah. Kolesterol yang stabil akan membantu untuk menurunkan risiko terkena serangan jantung stroke dan penyakit lainnya.

Manfaat Daun Sirih cina Untuk Wajah

Selain memiliki manfaat bagi tubuh sirih cina juga bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Berikut ini merupakan beberapa manfaat sirih cina untuk kulit wajah.

1. Mengatasi jerawat

Manfaat sirih cina untuk wajah yang pertama yaitu bisa mengatasi jerawat. Sirih cina memiliki efek farmakologi yang bisa menjadi antibakteri untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

2. Mencegah munculnya komedo

Manfaat daun sirih cina selanjutnya yaitu bisa mencegah munculnya komedo pada wajah. Komedo menjadi salah satu masalah kulit wajah yang cukup mengganggu di beberapa area wajah. Saat komedo terangkat, maka pori-pori wajah akan lebih bersih. 

3. Menghaluskan kulit

Manfaat dari sirih cina selanjutnya yaitu bisa membantu untuk menghaluskan kulit. Kandungan pada sirih cina membantu untuk mengangkat kotoran pada kulit sehingga kulit bisa lebih halus. 

4. Memudarkan flek hitam

Manfaat selanjutnya dari daun sirih Cina yaitu bisa membantu untuk memudarkan flek hitam di wajah. Flek hitam bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya yaitu karena paparan sinar matahari. Meskipun memang tidak memberikan rasa sakit bagi tubuh, tetapi flek hitam ini bisa mengganggu penampilan wajah.

Efek Samping Sirih cina

Memanfaatkan sirih cina untuk kesehatan tidak menimbulkan efek buruk bagi organ tubuh manusia seperti ginjal jantung dan hati. Tetapi untuk pria terjadi kenaikan berat badan. Meskipun begitu efek toksisitas dari sirih cina untuk kesehatan belum diketahui secara pasti. 

Oleh karena itu untuk membantu pengobatan lebih maksimal sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Apakah sirih cina ini bisa digunakan untuk pengobatan alternatif atau tidak. 

Itulah beberapa informasi terkait dengan manfaat dan efek samping daun sirih yang perlu diketahui. Untuk mendapatkan manfaat dengan maksimal, maka perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro