Ilustrasi suplemen
Health

Jangan Minum Suplemen Ini Berbarengan! Simak Bahayanya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 30 Januari 2023 - 13:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelum mengonsumsi suplemen, Anda harus tahu bahwa jangan minum suplemen berbarengan karena bisa berdampak buruk.

Selama ini, suplemen dianggap sehat dan orang-orang percaya bahwa ini tidak memiliki efek samping, itulah sebabnya suplemen kebanyakan dikonsumsi tanpa resep dokter.

Namun, orang harus tahu bahwa ada suplemen yang bereaksi satu sama lain dan ketika suplemen ini dikonsumsi bersamaan, hal itu merugikan kesehatan. 

Tidak hanya itu, suplemen juga berbahaya jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Berikut kombinasi suplemen tertentu yang harus dihindari untuk dikonsumsi bersamaan:

1. Teh hijau dan besi

Tahukah Anda bahwa teh hijau mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi? Sementara kita semua tahu bahwa vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, teh hijau yang dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat justru mengganggu penyerapan zat besi.

Zat besi merupakan elemen penting tubuh dan memainkan peran sentral dalam kekebalan tubuh. Oleh karena itu jika Anda meminum teh hijau, pastikan Anda tidak berlebihan.

2. Magnesium dan kalsium

Ini adalah duo berbahaya lainnya yang tidak boleh disatukan. Magnesium membantu penyerapan kalsium dan karenanya mencegah masalah pada tulang seperti osteoporosis. Namun, mengonsumsi kedua suplemen tersebut secara bersamaan mengurangi penyerapan magnesium.

Hal ini menyebabkan kekurangan magnesium, elemen penting yang dibutuhkan untuk fungsi saraf dan otot, gula darah dan kontrol tekanan darah. Kadar magnesium yang rendah ditemukan pada orang yang lebih tua, menderita diabetes tipe 2 atau memiliki penyakit gastrointestinal.

3. Vitamin C dan tembaga

Vitamin C tidak perlu diperkenalkan. Ini digunakan karena beberapa alasan; yang menonjol adalah meningkatkan kekebalan dan menurunkan tekanan darah. Tembaga juga merupakan elemen penting. Ini menciptakan jaringan ikat dan juga berkontribusi untuk menurunkan risiko yang terkait dengan masalah jantung.

Namun, meski begitu penting, suplemen kedua unsur ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena vitamin C mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap tembaga.

4. Vitamin D, E dan K

Ketika dibahasa secara terpisah kita mengetahui bahwa masing-masing vitamin ini sangat penting bagi tubuh manusia. Tetapi dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin ini sekaligus. Karena bila dikonsumsi bersamaan penyerapan vitamin K terganggu oleh vitamin D dan E. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi vitamin ini dengan jarak 2 jam.

5. Tembaga dan Seng

Duo berbahaya lainnya adalah tembaga dan seng. Seng mengurangi kemungkinan tembaga terserap dalam tubuh. Oleh karena itu, pasien cenderung menderita kelelahan, kepekaan terhadap dingin, dan tulang rapuh. Jika diperlukan, suplemen tembaga dan seng harus diminum dalam waktu dua jam untuk memaksimalkan peluang penyerapannya. .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro