Ilustrasi/Dailyurbanista
Relationship

Putus Cinta, Hindari 8 Hal Ini Saat Menjalin Hubungan

Ileny Rizky
Senin, 30 Januari 2023 - 19:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mempertahankan hubungan percintaan dapat dibilang susah-susah gampang. Ada beberapa cara yang harus dilakukan dan beberapa hal yang harus dihindarkan untuk menciptakan hubungan yang awet. Lakukan cara ini untuk menjadikan hubungan Anda tetap romantis.

Hubungan yang langgeng dapat diciptakan dengan melakukan hal-hal romantis seperti sering memuji pasangan, memberinya kejutan atau hadiah, mengobrol lebih dalam, hingga sering saling menyampaikan rasa cinta. Lalu bagaimana dengan hal-hal yang dapat mengakibatkan hubungan merenggang?

Dilansir dari Pinkvilla, ini beberapa hal yang harus Anda hindari ketika sedang menjalin hubungan asmara:

1. Cemburu Berlebihan

Cemburu tanda sayang, begitulah kata sebagian besar orang. Eits, meskipun begitu cemburu juga ada batasannya lho. Jangan sampai Anda cemburu pada hal-hal sepele. Sebab, ini justru akan berdampak buruk pada keberlangsungan hubungan Anda dengan pasangan.

Cemburu buta dapat menimbulkan adanya masalah baru yang akhirnya berisiko pada memudarnya rasa cinta dan kepercayaan pasangan. Bayangkan jika Anda sering dituduh melakukan hal yang sebenarnya tidak Anda lakukan, pasti rasanya tidak enak bukan?

Oleh karena itu, hendaknya Anda bisa lebih mengontrol rasa cemburu Anda. Kemudian jika Anda sedang dilanda rasa cemburu yang hebat, Anda bisa menyampaikannya dengan cara yang halus dan tidak menggunakan cara emosional yang seolah menyudutkan pasangan Anda.

2. Membandingkan Pasangan

Membandingkan pasangan dengan orang lain, terlebih dengan sosok mantan Anda merupakan hal yang sangat tidak boleh dilakukan dalam hubungan.

Terlalu sering membandingkan pasangan dengan orang lain, terutama mantan, hanya akan membuat Anda menjadi lebih sulit untuk membentuk hubungan yang mendalam dengan pasangan Anda di masa depan.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak membandingkan pasangan anda dengan orang lain, jika Anda menginginkan pasangan Anda melakukan sesuatu yang sesuai dengan keinginan Anda, lebih baik Anda sampaikan saja secara langsung kepada dia daripada Anda harus menyindir dengan membandingkannya dengan orang lain.

3. Terlalu Mengatur

Belum menjadi pasangan sah yang terikat dengan pernikahan tapi sudah berani mengatur pasangan untuk harus melakukan ini dan itu? Sebaiknya jangan melakukan hal ini ya. Terlalu mengatur pasangan hanya akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

Pasangan Anda akan merasa terbebani dengan aturan-aturan yang telah Anda buat itu, akhirnya gerak mereka dalam kehidupan sehari-hari menjadi terbatas. Dengan begitu, mereka akan kehilangan banyak peluang jika mereka terlalu dibatasi, terlebih jika mereka dilarang untuk bertemu dengan orang-orang tertentu. Ini akan menghambat pasangan Anda dalam meraih kesuksesannya.

4. Menyimpan Rahasia

Selanjutnya adalah menyimpan terlalu banyak rahasia seorang diri. Memang benar bahwa setiap orang harus menyimpan beberapa rahasianya seorang diri, namun Anda juga harus membagikan sebagian rahasia tersebut kepada pasangan Anda.

Membagikan rahasia ke pasangan dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri pasangan Anda. Artinya, Anda telah menjadikan dia sebagai sosok yang dapat diandalkan untuk menyimpan rahasia Anda. Tak hanya itu, dengan begitu dia juga akan merasa bahwa dirinya sudah menjadi orang yang spesial bagi Anda. Segeralah ceritakan yang sejujurnya kepada pasangan karena lebih cepat selalu lebih baik daripada menundanya.

5. Berbohong

Kunci sukses dalam menjadikan hubungan Anda awet dan langgeng adalah keterbukaan dan kejujuran. Artinya, apabila hubungan sudah diisi dengan kebohongan, ini menjadikan hubungan Anda sudah tidak sehat dan tidak dapat dipertahankan. Sebab, satu kebohongan akan ditutup dengan kebohongan lainnya.

Kebiasaan berbohong akan sulit untuk diberikan kepercayaan. Inilah yang akan merusak kehidupan percintaan Anda. Tanpa adanya rasa saling percaya, hubungan cinta tidak akan memiliki fondasi yang kokoh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak melakukan suatu kebohongan walaupun kecil sedikitpun.

6. Posting Berlebihan

Berhati-hatilah dengan sesuatu yang Anda bagikan di media sosial. Jangan terlalu berlebihan dalam mengumbar kemesraan Anda bersama pasangan. Meskipun Anda pikir ini menjadi hal yang romantis, bisa saja pasangan Anda justru menganggap ini menjadi hal yang sangat tidak perlu. Terlebih jika Anda memberi caption yang berlebihan, tidak menutup kemungkinan mereka justru akan ilfil dengan Anda.

7. Emosional

Emosional yang dituangkan melalui kekerasan fisik, mental, psikis, atau verbal dalam hubungan menjadi hal yang tidak dapat dibenarkan. Tidak ada toleransi jika Anda sudah berani menuangkan emosional dengan menyerang fisik dan mental pasangan Anda.

Hubungan yang dipenuhi dengan emosional sangatlah toxic atau tidak sehat bagi kesehatan fisik maupun mental. Hindari meluapkan emosional dengan cara yang berlebihan kepada pasangan Anda, begitupun dengan sebaliknya. Jika Anda mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari pasangan Anda segeralah akhiri hubungan itu. Tidak ada alasan yang logis untuk mempertahankan hubungan yang tidak sehat itu.

8. Mempermainkan Perasaan Pasangan

Penting juga untuk berhenti memainkan pikiran dan perasaan pasangan Anda. Salah satunya adalah niat Anda yang ingin membuat pasangan Anda cemburu itu. Siapa yang sering menunda untuk menjawab pesan dengan sengaja demi membuat dia cemburu?

Ada baiknya agar tidak terus-menerus melakukan hal ini. Sebab, lama kelamaan mereka akan merasa kesal dan membuat kepercayaan mereka terhadap Anda berkurang. Akhirnya mereka akan memilih mengakhiri hubungannya dengan Anda. Jangan biarkan hal ini terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro