Youtuber/youtube
Fashion

YouTube Jadi Media Sosial Terpopuler, TikTok Minggir Dulu

Rahmi Yati
Selasa, 7 Februari 2023 - 20:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Laporan We Are Social mencatat setidaknya ada 10 aplikasi media sosial yang populer atau paling banyak digunakan di dunia. YouTube menempati posisi pertama, sedangkan pendatang baru seperti TikTok harus puas duduk di posisi enam.

Di tingkat dunia, intelijen data.ai mengungkapkan bahwa YouTube memiliki jumlah pengguna aktif terbesar dari semua aplikasi seluler, bukan hanya aplikasi media sosial.

Adapun aplikasi media sosial kedua adalah Facebook. Kendati berada di urutan kedua, aplikasi ini dinilai memiliki pengguna aktif yang terus bertambah selama satu tahun terakhir.

"Kemudian posisi ketiga ada WhatsApp yang disusul oleh Instagram [posisi keempat] dan Messenger [posisi kelima]," kata We Are Social dalam laporan terbarunya, dikutip Selasa (7/2/2023).

Lantas bagaimana dengan TikTok? Platform video pendek TikTok menempati posisi keenam sebagai aplikasi media sosial yang populer di dunia.

Adapun, di posisi ketujuh ditempati oleh Telegram dan Twitter berada tepat di bawahnya, yakni urutan kedelapan.

"Sementara Snapchat dan Pinterest melengkapi sepuluh aplikasi media sosial teratas menurut pengguna aktif bulanan," tambah laporan We Are Social.

Lebih lanjut berdasarkan analisis Kepios, total pengguna media sosial global telah meningkat hampir 30 persen sejak dimulainya pandemi. Jumlah ini setara dengan lebih dari 1 miliar pengguna baru selama tiga tahun terakhir.

We Are Social juga menyebut adopsi media sosial selama beberapa tahun terakhir dipercepat oleh hadirnya Covid-19. Misalnya, pertumbuhan tahunan antara 2020 dan 2021 hampir dua kali lebih cepat dari tahun sebelumnya (2019).

"Pertumbuhan itu terus berlanjut dengan tingkat dua digit antara 2021 dan 2022," tulis laporan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro