Telur rebus/diabetesfoundationorg
Health

Makan Telur Bisa Picu Penyakit Jantung, Mitos atau Fakta?

Arlina Laras
Jumat, 10 Februari 2023 - 14:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang percaya bahwa telur tidak baik untuk kesehatan jantung hingga bisa memicu penyakit jantung.

Sebagian besar orang berpikir bahwa telur adalah makanan yang mengandung kolesterol harus sangat dibatasi atau bahkan lebih baik dihindari sama sekali karena telur mengandung kadar kolestrol yang tinggi dan ini bisa membahayakan jantung. 

Lantas, benarkah telur merupakan sumber kolestrol jahat? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

Memang benar telur mengandung kolesterol tinggi. Namun, telur juga kaya akan vitamin, mineral, dan lemak sehat. Telur kaya akan fosfor, kalsium, potasium, dan mengandung sodium dalam jumlah sedang. 

Telur juga mengandung tembaga, yodium, besi, magnesium, mangan, selenium dan seng. Sehingga, dengan banyaknya manfaat yang didadapatkan dari sebutir telur, seseorang harus mempertimbangkan kembali ketika benar-benar ingin menghindari telur, pasalnya makanan ini mengandung beberapa nutrisi penting.

Beberapa penelitian mengatakan satu butir telur sehari sudah cukup untuk menyediakan nutrisi penting bagi tubuh. Bagaimana cara Anda mengonsumsi telur juga menentukan seberapa banyak manfaatnya bagi tubuh. 

Harvad Health Report mengatakan penting juga untuk mengetahui bagaimana Anda harus memakan telurnya, karena banyak olahan telur yang menjadi pendaming, baik itu salad, sandwich, atau bahkan makanan lainnya. 

"Tentu saja, sangat penting apa yang Anda makan dengan telur Anda, karena itulah yang bisa memicu kolestrol. Lemak jenuh dalam mentega, keju, bacon, sosis, muffin, atau scone, misalnya, meningkatkan kolesterol darah Anda lebih banyak daripada kolesterol dalam telur Anda," tulis Harvad Health Report, Jumat (10/2/2023). 

Makan 5 butir telur seminggu baik untuk kesehatan

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Boston menemukan bahwa makan telur menurunkan risiko tekanan darah, gula darah, dan diabetes tipe 2. The American Heart Association mengatakan satu telur menawarkan 78 kalori dan satu telur besar mengandung hampir 6 gram protein. Dikatakan, jika asupan kolesterol seseorang kurang, tidak ada salahnya memasukkan telur ke dalam makanan.

Jika kolesterol sudah tinggi, apakah masih boleh makan telur?

Ini adalah topik yang bisa diperdebatkan. Pasalnya, kuning telur yang dianggap sebagai gudang kolesterol tidak disarankan untuk diberikan kepada mereka yang sudah memiliki kadar kolesterol tinggi. 

Akan tetapi, faktanya kuning telur mengandung banyak sekali nutrisi yang jarang ditemukan di dalam makanan lain. Bahkan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa kuning telur berdampak minimal pada tingkat kolesterol tubuh. 

Alhasil, pakar kesehatan menyarankan agar orang yang sudah memiliki kondisi lain seperti diabetes yang memengaruhi risiko jantung, sebaiknya menghindari konsumsi kuning telur meski tidak meningkatkan kadar kolesterol sebanyak itu.

Metode memasak tentu mempengaruhi berapa banyak nutrisi yang disediakan oleh sajian tersebut dan menyebabkan lebih sedikit oksidasi kolesterol. Oleh karena itu inilah alasan telur mata sapi dan telur rebus lembut adalah cara paling sehat untuk makan telur. Manfaat tambahannya adalah memasak telur dengan cara ini tidak memerlukan minyak ekstra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro