10 Manfaat Beras Kencur dan Cara Membuatnya (freepik)
Health

Ini 10 Manfaat Beras Kencur bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Nuraini
Minggu, 12 Februari 2023 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beras kencur merupakan salah satu jamu tradisional yang banyak disukai. Pasalnya, rasa jamu ini enak dan tidak pahit.

Selain itu, manfaat beras kencur juga sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Jamu Beras Kencur

Jamur beras kencur merupakan minuman herbal yang terbuat dari beras dan kencur. Kedua bahan tersebut kemudian dicampur hingga menjadi minuman herbal yang rasanya enak dan menyehatkan.

Berdasarkan penjelasan di akg.fkm.ui.ac.id dan beberapa sumber lain, berikut beberapa khasiat beras kencur untuk tubuh.

1. Mengurangi stress oksidatif

Kandungan beras kencur berupa antioksidan dari senyawa fenolik diketahui bisa mengurangi stress oksidatif. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menangkal radikal bebas.

2. Menghambat pertumbuhan kanker

Manfaat beras kencur untuk kesehatan lainnya yaitu bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan hingga penyebaran sel kanker. Manfaat ini diperoleh dari kandungan zat sitotoksik dan antineoplastik yang terdapat dalam beras kencur.

3. Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat minum beras kencur juga diketahui bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut dikarenakan jamu beras kencur mengandung flavonoid sebagai agen imunomodulator yang bisa meningkatkan imun tubuh dan bisa memperbaiki kerusakan sel organ pankreas.

Perlu diketahui bahwa sel pankreas berperan sebagai sel penghasil insulin. Apabila sel pankreas berperan dengan baik, maka kadar glukosa dalam darah bisa menurun.

4. Mencegah karies gigi

Kandungan beras kencur berupa etanol diketahui bisa mencegah pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus. Bakteri tersebut bisa mengakibatkan karies gigi. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa beras kencur dapat mencegah karies pada gigi.

5. Mengurangi rasa nyeri

Ekstrak kencur diketahui memiliki kandungan zat analgesik. Kandungan zat tersebut dapat mengurangi nyeri dan sakit.

6. Menyembuhkan luka

Manfaat beras kencur lainnya menyembuhkan luka. Hal tersebut dikarenakan terdapat ekstrak alkohol pada kencur bisa menyembuhkan luka dan mempercepat luka tertutup.

7. Mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil

Terkadang ibu hamil mengalami pembengkakan pada kaki karena perubahan hormonal dan fisiologis. Pembengkakan tersebut ternyata bisa diatasi menggunakan beras kencur.

Manfaat beras kencur untuk bengkak ini tercantum dalam Journal of Community Health Provision. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa berendam di campuran air hangat dengan kencur bisa mengurangi edema kaki yang dialami ibu hamil pada trimester tiga.

8. Mengobati jerawat

Kandungan flavonoid yang ada dalam beras kencur diketahui mempunyai sifat anti radang. Sifat ini membuat beras kencur bisa mengobati jerawat dan mengatasi iritasi pada kulit.  

9. Membuat kulit lebih cerah

Manfaat beras kencur untuk wajah lainnya yaitu bisa membuat kulit wajah lebih cerah. Air beras yang digunakan sebagai bahan pembuatan beras kencur diketahui bisa memperbaiki kulit, melawan hiperpigmentasi, dan tanda penuaan.

10. Mengobati anemia

Beras kencur diketahui mengandung zat besi, seng, mangan, kobalt, dan nikel. Mineral tersebut diketahui bisa mencegah anemia. Dalam Toxicology Reports juga disebutkan bahwa kencur mengandung mineral yang bisa menunjang kesehatan ibu hamil, tak terkecuali mencegah penyakit anemia.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Beras kencur termasuk jamu populer yang mudah didapatkan. Bahkan, jamu ini bisa dibuat sendiri di rumah. Mengutip dari akg.fkm.ui.ac.id, berikut cara membuat jamu beras kencur dengan benar.

Bahan-bahan

  • 200 g Beras putih yang sudah direndam selama 3 jam, disangrai, dan dihaluskan.
  • Kencur sebagai 6 ruas.
  • Jahe sebanyak 2 ruas.
  • Air sebanyak 600 ml.
  • Asam jawa 1 sendok makan.
  • Gula jawa 240 g.
  • Gula pasir 50 g.

Cara pembuatan

  • Kupas kulit kencur dan jahe, cuci bersih, lalu diparut.
  • Panaskan air kemudian rebus kencur, jahe, air asam jawa, gula jawa, dan gula pasir sampai mendidih.
  • Sari air rebusan tersebut untuk memisahkan ampas dengan airnya.
  • Masukkan beras ke dalam air rebusan, lalu aduk sampai rata.
  • Tunggu hingga pati kencur dan beras mengendap, lalu saring dan tuang dalam gelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro