Jewawut
Health

Khasiat dan Kandungan Jewawut. Serelia Berbiji Kecil Kaya Manfaat

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 21 Februari 2023 - 15:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jewawut merupakan tanaman pangan sejenis serelia berbiji kecil dengan diameter sekitar 1 mm.

Dikutip dari laman Kementerian Pertanian, jewawut populer sebagai makanan pokok di beberapa wilayah di Indonesia seperti Sulawesi Barat, Pulau Buru, Nusa Tenggara Timur, dan Jawa Tengah.

Keberadaan tanaman jewawut mulai ditinggalkan dan langka seiring membaiknya ekonomi masyarakat. Secara tidak langsung masyarakat Indonesia telah menjadikan komoditas jewawut menjadi komoditas inferior yang secara ekonomis tidak menguntungkan.

Jewawut memiliki malai menyerupai bulir dengan panjang antara 8-18 cm. Tangkai malai sepanjang 25-30 cm, tegak atau melengkung. Warna bulir tanaman jewawut beraneka ragam, mulai dari hitam, kuning, ungu, merah, sampai jingga kecoklatan.

Tanaman jewawut toleran kekeringan serta beradaptasi baik pada wilayah yang kurang subur. Hal inilah yang menyebabkan makanan ini banyak ditanam oleh masyarakat khususnya pada musim kemarau.

Tanaman ini kaya akan kandungan nutrisi yang lebih baik dibanding beras dan jagung. Kandungan gizi yang dimiliki meliputi karbohidrat 84,2%, protein 10,7%, lemak 3,3%, dan serat 1,4%. Daun jewawut bisa digunakan sebagai pakan dan pakan burung.

Cara pengolahan jewawut sama dengan padi, diolah menjadi beras. Bulir-bulirnya dihaluskan menjadi tepung.

Perbaikan potensi genetik jewawut dilakukan melalui koleksi galur-galur jewawut di Indonesia dan introduksi dari luar negeri. Selanjutnya dilakukan karakterisasi dan rejuvinasi untuk mendapatkan informasi fenotifik serta mempertahankan keberadaan hotong.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) saat ini telah mengoleksi lebih kurang 20 galur jewawut. Ke depan, jewawut dapat ambil bagian dalam ketahanan pangan nasional seperti saudaranya yakni padi dan jagung. (fzp/tungro)

Jewawat juga menjadi salah satu alternatif dalam Keamanan Pangan. Dewan Riset Pertanian India merekomendasikan Millet (jawawut) sebagai sereal alternatif masa depan dan telah mengembangkan rantai pasok jawawut untuk memperluas dan memenuhi kebutuhan dan permintaan jawawut.

India telah memperkenalkan jawawut sebagai sereal bernutrisi unggul yang tinggi protein & serat, lambat dalam pelepasan karbohidrat, mineral dan vitamin yang baik dan juga bebas gluten.

Jawawut juga menawarkan peluang besar untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Keamanan Iklim karena produksinya sesuai dengan transformasi pangan dan sistem tata guna lahan yang ramah lingkungan.

Disponsori oleh India dan didukung oleh 70 negara, Majelis Umum PBB mendeklarasikan tahun 2023 sebagai Tahun Jawawut Internasional untuk menempatkan jawawut dalam diet global dalam mengatasi malnutrisi serta bergerak menuju keamanan nutrisi.

Duta Besar India untuk Indonesia, H.E. Shri. Manoj Kumar Bharti mengatakan,PBB telah mengumumkan tahun 2023 sebagai Tahun Jawawut Internasional, kami percaya bahwa jawawut adalah pangan masa depan.

"Menumbuhkan jawawut juga sangatlah mudah, karena tidak membutuhkan banyak air seperti halnya padi, selain itu ia memiliki protein yang tinggi serta bebas gula. Baik untuk kebutuhan kuliner Indonesia maupun India, jawawut bisa digunakan”. ujarnya.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan jawawut adalah sektor pangan yang harus diperkaya dengan inovasi-inovasi, termasuk juga dengan kerjasama.

"Banyak sekali makanan Indonesia mulai berbahan dasar jawawut, mulai dari cemilan, bubum sum sum sebagai makanan penutup dan mie Aceh .Tahun ini adalah tahun dunia jawawut yang kami dukung sebagai makanan berketahanan, sebagai bahan baku yang lebih sehat variatif untuk pelaku usaha ekonomi kreatif,” jelasnya saat membuka Healthy Indonesian Cuisine with Millet.

150 anak muda yang menjadi youngpreneur bergabung dalam Program Pintar ini dan mengembangkan masakan yang inovatif & kreatif berbahan baku jawawut dan diharapkan dapat menjadi inisiasi bisnis yang potensial di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro