Ketahui Rumus Keliling Lingkaran Lengkap dengan Contoh Soalnya - Online Math Learning
Relationship

Rumus Keliling Lingkaran Lengkap dengan Contoh Soalnya

Nuraini
Sabtu, 25 Februari 2023 - 09:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rumus keliling lingkaran menjadi salah satu rumus dasar dalam matematika yang penting untuk dipelajari. Hal tersebut dikarenakan rumus ini bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar cara mencari keliling lingkaran dan beberapa hal menarik lainnya seputar bangun datar ini. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Lingkaran?

Anda mungkin pernah melihat uang koin atau tutup botol air mineral. Benda-benda tersebut merupakan contoh bentuk lingkaran yang ada di sekitar kita. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan lingkaran?

Mengutip dari situs Zenius, lingkaran adalah bentuk geometri dan termasuk dalam kelompok bangun datar. Berbeda dengan bangun datar lainnya, lingkaran tidak memiliki sudut dan semua sisinya melengkung.

Lingkaran memiliki unsur-unsur yang membedakannya dengan bangun datar lainnya. Berikut unsur-unsur lingkaran yang juga berpengaruh terhadap keliling lingkaran.

  • Titik pusat: titik yang ada di tengah lingkaran dengan jarak sama panjang antar semua sisi lengkung yang melingkari tutuk tersebut.
  • Jari-jari: dalam matematika, jari-jari disimbolkan dengan huruf r. Jari-jari lingkaran yaitu jarak dari titik pusat ke sisi lingkaran. Jarak ini bisa ditarik ke atas, bawah, kanan, atau kiri. Besaran jari-jari lingkaran yaitu dua kali diameter lingkaran tersebut.
  • Diameter: unsur lingkaran ini disimbolkan dengan d. Diameter adalah garis yang membentuk jarak dua sisi lingkaran yang berseberangan dengan melewati titik pusat. Diameter juga bisa dimaknai sebagai garis yang membagi lingkaran menjadi dua bagian sama besar.
  • Tali busur: garis lurus yang membentuk jarak antara dua titik pada bagian sisi lingkaran, namun tidak melewati titik pusat.
  • Busur: bagian yang melengkung di sisi lingkarang yang menghubungkan dua titik tali busur.

Cara Mencari Keliling Lingkaran

Untuk mencari keliling lingkaran, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu rumus yang biasa digunakan. Perlu diketahui bahwa, unsur yang terdapat dalam rumus keliling lingkaran adalah phi (π), diameter (d), dan jari-jari (r).

Adapun rumus keliling lingkaran, seperti berikut:

Keliling = π x d = 2 x π x r, dengan nilai π = 3,14 atau

Sementara itu, rumus keliling setengah lingkaran seperti berikut:

Keliling = π x  atau π x r, dengan nilai π = 3,14 atau

Contoh Soal Keliling Lingkaran dan Pembahasannya

Untuk lebih memahami cara menghitung keliling lingkaran dan setengah lingkaran, berikut beberapa contoh soal yang bisa Anda pelajari.

  1. Sebuah koin memiliki jari-jari 5,5 cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?

Jawab:

Rumus mencari keliling lingkaran yang digunakan yaitu 2 x π x r

Keliling = 2 x 3,14 x 5,5 = 34,5

Jadi, keliling koin tersebut 34,5 cm.

  1. Sebuah pizza berbentuk lingkaran dipotong menjadi dua bagian sama besar. Diameter pizza tersebut 14 cm. Berapakah keliling pizza setelah dipotong?

Jawab:

Pada soal tersebut, berarti Anda diminta untuk menghitung setengah keliling lingkaran. Maka dari itu, rumus yang digunakan yaitu π x  dan untuk mempermudah saat menghitung, Anda bisa menggunakan nilai phi 22/7. Berikut penyelesaian soal tersebut.

Keliling= 22/7 x 14/2 = 22

Jadi, keliling pizza yang sudah dipotong 22 cm.

Itulah penjelasan seputar rumus keliling lingkaran hingga contoh soal dan cara penyelesaiannya. Pembelajaran keliling lingkaran sebenarnya cukup mudah dipahami. Anda hanya perlu sering berlatih soal agar terbiasa dengan soal seputar keliling lingkaran dengan berbagai tingkat kesulitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro