Boneka Barbie/Mattel
Relationship

On This Day: Boneka Barbie Pertama Kali Dipamerkan Secara Komersial

Rahmad Fauzan
Jumat, 10 Maret 2023 - 03:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tepat pada hari ini 64 tahun silam, boneka Barbie untuk pertama kalinya dipajang secara komersial dalam pameran American Toy di New York City, 9 Maret 1959.

Barbie dibuat oleh Ruth Handler, yang merupakan pendiri bersama perusahaan mainan internasional Mattel Inc., bersama dengan suaminya pada 1945.

Dilansir dari History.com, Handler dan suami terdorong menciptakan Barbie setelah melihat ketidaktertarikan anak perempuannya bermain dengan boneka bayi.

“Handler pun kemudian menyadari bahwa terdapat niche market untuk produk boneka yang memungkinkan anak perempuan mengimajinasikan masa depan,” tulis History.com seperti dikutip, Kamis (9/3/2023).

Kehadiran boneka Barbie dilatarbelakangi oleh boneka bernama Lili yang merujuk kepada salah satu komik asal Jerman.

Mattel Inc. kemudian membeli hak cipta boneka bernama Lili tersebut dan membuat versi sendiri. Handler lalu menamai boneka Barbie pertamanya Barbara yang notabene adalah nama anak perempuannya.

Mattel kemudian memanfaatkan kerja samanya dengan program televisi Mickey Mouse Club untuk mempromosikan boneka anyarnya tersebut dan berhasil mencuri perhatian pasar.

Sejak 1959, lebih dari 1 miliar boneka barbie sudah terjual di pasar global. Bahkan, pernak-pernik yang terkait dengan boneka barbie pernah meraup cuan mencapai US$1 miliar dalam setahun pada 1993.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro