Ilustrasi vitamin D untuk kesehatan
Health

Asupan Vitamin D Efektif Cegah Risiko Multiple Sclerosis

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 12 Maret 2023 - 12:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Kekurangan vitamin D sangat umum terjadi pada sejumlah penyakit serius, termasuk multiple sclerosis.

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit kronis yang mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf optik.

Dianggap sebagai penyakit autoimun, sistem kekebalan menyerang myelin selubung yang membentuk dan melindungi serabut saraf pada pasien MS, menyebabkan gangguan pada sinyal (yaitu, komunikasi) di seluruh sistem saraf pusat.

Orang dengan MS mengalami gejala yang tidak terduga seperti kesemutan, perubahan suasana hati, masalah ingatan, mati rasa, nyeri, kelelahan, dan bahkan kebutaan dan kelumpuhan.

Gejala-gejala ini bisa bersifat sementara atau, dalam kasus yang lebih buruk, bertahan lama dan melemahkan.

Orang yang mengonsumsi vitamin D yang lebih tinggi dan kadar vitamin D yang lebih tinggi cenderung tidak mengembangkan MS1, menurut ulasan tahun 2018 dari Neurologi dan Terapi.

Secara khusus, wanita yang mengonsumsi sekitar 700 IU vitamin D setiap hari memiliki insiden MS 33% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit vitamin D per hari.

Sebagai perbandingan, 93%2 hingga 100% populasi AS gagal mengonsumsi bahkan 400 IU per hari. Bukti menunjukkan bahwa 5.000 IU vitamin D3 setiap hari adalah jumlah rata-rata yang dibutuhkan untuk membantu orang mencapai dan mempertahankan status vitamin D yang benar-benar optimal [yaitu, kadar serum 25(OH)D sebesar 50 ng/ml atau lebih tinggi].

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D juga sangat umum terjadi pada populasi multiple sclerosis—satu penelitian kecil terhadap 149 pasien MS yang diterbitkan dalam Jurnal EPMA pada tahun 2019 menemukan bahwa 90% kekurangan vitamin D3.

Ini jauh lebih tinggi daripada populasi orang dewasa di AS (29% di antaranya kekurangan vitamin D4).

Sementara kecukupan klinis didefinisikan sebagai 30 ng/ml atau lebih tinggi, ahli endokrin dan ahli kesehatan terkemuka lainnya menyarankan bahwa 50 ng/ml adalah batas untuk kecukupan sejati dan penelitian tentang pencegahan penyakit menunjukkan tingkat 25(OH)D yang lebih tinggi jauh lebih bermanfaat.

Untuk menurunkan risiko penyakit, termasuk MS. Faktanya, studi JAMA yang mengevaluasi lebih dari tujuh juta personel militer A.S. menemukan bahwa individu dengan kadar vitamin D lebih besar dari 40 ng/ml memiliki kemungkinan 62% lebih kecil5 untuk mengembangkan multiple sclerosis.

Artinya, kekurangan vitamin D sangat lazim pada pasien MS; mempertahankan status vitamin D yang sehat dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena MS.

Cara terbaik untuk memenuhi kecukupan vitamin D

Untuk mendapatkan kecukupan vitamin D yang sebenarnya, Anda harus menargetkan kadar serum 25(OH)D sebesar 50 ng/ml atau lebih tinggi. Seperti disebutkan di atas, rata-rata orang membutuhkan 5.000 IU vitamin D3 (bukan D2) setiap hari.

Mendapatkan cukup vitamin D dari paparan sinar matahari hampir tidak mungkin (belum lagi tidak aman, mengingat tabir surya menghalangi sinar UV—dan karena itu, produksi vitamin D di kulit).

Makanan juga bukan sumber vitamin D yang cukup, kecuali jika Anda suka mengonsumsi 50 gelas susu setiap hari.

Tidak, sinar matahari dan makanan bukanlah cara yang efektif untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, jadi, kita hanya memiliki satu pilihan: suplemen vitamin D berkualitas tinggi.

Dengan mengonsumsi suplemen vitamin D premium dengan 5.000 IU D3 setiap hari, Anda memberi tubuh Anda peluang terbaik untuk mencapai (dan mempertahankan) status vitamin D yang benar-benar optimal. Sederhananya, ini adalah cara paling efisien untuk mencapai kecukupan vitamin D.

Jika Anda tidak yakin apa yang harus dicari dalam suplemen vitamin D berkualitas, lihat kumpulan suplemen vitamin D terverifikasi dari mindbodygreen—kami telah menjelajahi pasar, jadi Anda tidak perlu melakukannya.

Kekurangan vitamin D ditemukan pada 90% pasien MS. Untungnya, bukti menunjukkan bahwa menjaga kecukupan vitamin D adalah cara yang efektif untuk menurunkan risiko MS Anda.

Untuk mencapai (dan mempertahankan) kecukupan vitamin D, pertimbangkan untuk meningkatkan asupan vitamin D harian Anda dengan suplemen berkualitas yang memberikan 5.000 IU D3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro