Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh/Freepik
Health

Dari Konsumsi Serat hingga Kelola Stres, Begini Tips Agar Pencernaan Sehat

Sabina Arla Yogandini
Senin, 20 Maret 2023 - 10:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang pernah mengalami gejala pencernaan seperti sakit perut, gas, mulas, mual, sembelit, atau diare.

Ketika hal tersebut terjadi, akan mengakibatkan gangguan besar dalam tubuh Anda.

Untuk itu, perlu mengubah pola makan dan gaya hidup agar penceranaan Anda lebih sehat.

Melansir dari healthline.com, berikut adalah 11 cara untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda:

1. Makanan yang utuh

Diet tinggi makanan olahan berkaitan dengan risiko gangguan pencernaan yang lebih tinggi. Makan diet rendah bahan tambahan makanan, lemak trans, dan pemanis buatan dapat meningkatkan pencernaan Anda dan melindungi dari masalah pencernaan.

2. Perbanyak makan serat

Makanan yang berserat bermanfaat bagi pencernaan. Serat larut menyerap air dan membantu menambah volume tinja Anda, sedangkan serat tidak larut berperan seperti sikat gigi raksasa, membantu membersihkan saluran pencernaan Anda.

Prebiotik adalah jenis serat lain yang memberi makan bakteri usus yang sehat. Dengan melakukan diet tinggi serat ini telah terbukti meningkatkan fungsi penghalang dan mengurangi peradangan pada usus.

3. Tambahkan lemak sehat 

Anda memerlukan asupan lemak yang cukup untuk sistem pencernaan. Asupan lemak yang cukup seperti vitamin A, D, E, dan K dapat meningkatkan penyerapan beberapa nutrisi yang larut dalam lemak. Terlebih lagi, asam lemak omega-3 mengurangi peradangan, yang dapat mencegah penyakit radang usus.

4. Tetap terhidrasi

Asupan cairan yang tidak mencukupi adalah penyebab umum sembelit. Tingkatkan asupan cairan Anda dengan minum air putih dan minuman non-kafein serta makan buah dan sayuran seperti mentimun, paprika, brokoli, stroberi, apel, dan jeruk yang memiliki kandungan air yang tinggi.

5. Kelola stres 

Hormon stres secara langsung dapat mempengaruhi pencernaan Anda. Ketika tubuh Anda berada dalam mode fight-or-flight, tubuh Anda berpikir bahwa Anda tidak punya waktu untuk beristirahat dan mencerna. Selama diri Anda mengalami stres, darah dan energi dialihkan dari sistem pencernaan Anda. oleh karena itu, manajemen stres seperti meditasi, yoga, dana akupuntur dapat meningkatkan pencernaan Anda.

6. Makan perlahan

Dengan makan secara perlahan, penuh perhatian, dan memperhatikan setiap aspek makanan Anda, seperti tekstur, suhu, dan rasa dapat membantu mencegah masalah pencernaan yang umum terjadi, seperti gangguan pencernaan, kembung, dan gas.

labu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro