7 Ide Ngabuburit yang Seru dan Menyenangkan - Freepik
Relationship

7 Ide Ngabuburit Ramadan yang Seru dan Menyenangkan

Nuraini
Minggu, 26 Maret 2023 - 15:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ngabuburit menjadi kegiatan khas yang sudah lekat dengan tradisi masyarakat Indonesia. Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu sembari menunggu buka puasa tiba. 

Terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang menjelang buka puasa. Simak rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit.

Kumpulan Ide Ngabuburit

Ngabuburit biasanya diisi dengan jalan-jalan, mengikuti kuliah tujuh menit (kultum), berburu takjil, bahkan juga ada yang bermain sepak bola. Ngabuburit sendiri sudah ada sejak zaman lampau terutama di daerah perkampungan. 

Semakin berkembangnya zaman tradisi mengaburit juga turut berkembang. Bahkan, ngabuburit menjadi tren bagi anak muda saat bulan Ramadhan. Bagi Anda yang sedang berencana untuk ngabuburit, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk ngabuburit di bulan puasa.

1. Berbelanja

Berbelanja menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menjadi ide ngabuburit yang bisa menghabiskan waktu sebelum buka puasa tiba. Biasanya sembari ngabuburit banyak orang yang berburu takjil atau kebutuhan bulanan sekaligus mengisi hari sore sebelum buka puasa.

2. Membaca buku

Membaca buku juga bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk menunggu berbuka. Membaca buku ini bisa dilakukan di rumah ataupun dengan pergi ke toko buku favorit. Anda juga bisa mengajak teman untuk bersama-sama membaca buku dan mendiskusikan isi buku tersebut. Dengan demikian, waktu ngabuburit Anda menjadi lebih bermanfaat. 

3. Olahraga

Saat bulan puasa Anda harus menjaga tubuh agar tetap bugar. Melakukan kegiatan olahraga menjelang berbuka puasa bisa dijadikan sebagai pilihan untuk ngabuburit. Olahraga bisa dilakukan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

Lakukan olahraga ringan seperti jogging sore, jalan santai, senam, yoga, dan olahraga ringan lainnya. Jika berolahraga di luar rumah maka Anda bisa kembali ke rumah 10 menit sebelum waktu adzan tiba. Sehingga saat sampai di rumah sudah waktunya berbuka puasa.

Bersepeda juga bisa dijadikan sebagai olahraga pilihan untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Bersepeda keliling komplek menjadi pilihan jika anda tidak ingin olahraga berat.

4. Membaca Al-Quran

Ngabuburit Ramadan selanjutnya bisa dilakukan dengan membaca Al-quran atau tadarus. Selain bisa untuk menunggu waktu berbuka, kegiatan ini juga bisa menambah pahala karena tadarus termasuk beribadah

Tadarus Al-Quran sembari menunggu buka puasa merupakan kegiatan yang banyak ditemukan. Selain dilakukan sebelum buka puasa, tadarus ini juga biasanya dilakukan setelah shalat tarawih.

5. Berkebun

Ide ngabuburit yang bisa dilakukan sembari menunggu buka puasa yaitu berkebun. Anda bisa membuat taman kecil di bagian samping rumah atau belakang rumah. Pada saat sore hari kegiatan yang dilakukan bisa dengan menyiram tanaman atau dengan mencabut rumput di sekitar tanaman. Kegiatan berkebun akan membantu menghabiskan waktu dengan cepat sehingga menunggu waktu berbuka akan terasa cepat.

6. Membuat makanan dan minuman untuk buka puasa

Selain digunakan untuk berburu takjil, waktu ngabuburit juga bisa digunakan untuk membuat makanan dan minuman buka puasa. Ada banyak minuman segar yang bisa dibuat seperti es kopyor, es dawet, es kolak, es buah, dan lain sebagainya.

Dalam membuat makanan dan minuman untuk berbuka puasa tentu akan menghabiskan waktu.

7. Pengajian daring

Pengajian daring menjadi salah satu acara ngabuburit yang dapat Anda lakukan. Tidak perlu keluar rumah, Anda dapat melakukan kegiatan ini di dalam rumah saja melalui handphone atau laptop. 

Biasanya, pengajian online ini diselenggarakan via Zoom meeting atau Google meeting. Mengikuti pengajian online juga menjadi kegiatan yang bisa menghabiskan waktu tanpa terasa.

Itulah beberapa contoh ngabuburit yang bisa dilakukan selama bulan puasa sambil menunggu waktu berbuka tiba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro