Menara Petronas Ikon Malaysia./asianpicture.com
Travel

Ini 7 Hal yang Perlu Diketahui Pengunjung saat Pertama Kali Bepergian ke Malaysia

Salma Permata Dewi
Rabu, 29 Maret 2023 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Malaysia merupakan salah satu negara yang terdiri dari beragam kuliner, gedung-gedung tua kolonial yang megah, distrik perbelanjaan, pemandangan alam, dan lainnya. Malaysia merupakan tempat yang mudah dikunjungi bahkan untuk pemula. 

Walaupun mudah dikunjungi, Anda perlu mempersiapkan dan belajar beberapa hal sebelum mengunjungi Malaysia atau negara-negara lainnya.

Berikut tips traveling ke di Malaysia:

1. Pakaian

Malaysia memiliki iklim tropis dan terletak di dekat garis khatulistiwa. Malaysia memiliki suhu yang panas dan lembab sepanjang tahunnya, tetapi untuk dataran tinggi suhunya lebih sejuk. Oleh karena itu, Anda tidak perlu memakai pakaian tebal dari wol saat datang ke Malaysia. Bawa dan pakailah pakaian yang ringan seperti katun dan berwarna terang agar panas matahari terpantul.

Malaysia juga merupakan negara modern yang masih konservatif di daerah-daerah tertentu. Mengekspos terlalu banyak kulit telanjang dengan mungkin akan tidak disukai oleh penduduk. Anda perlu menutup rambut dan mengenakan pakaian konvensional jika berkunjung ke tempat ibadah.

2. Transportasi

Kota-kota di Malaysia mudah untuk dikelilingi dengan taksi, bus, atau kereta api. Kota-kota besar menawarkan transportasi umum yang murah seperti bus. Di sana juga menawarkan cara yang nyaman untuk bepergian. Jika Anda ingin bepergian dengan praktis bisa memilih menggunakan taksi. 

3. Makanan

Seperti negara Asia Tenggara lainnya, makanan di pinggir jalan Malaysia sangat populer karena murah dan enak. Anda bisa menemukan makanan enak di mana saja, tetapi yang paling populer ada di ibu kota Kuala Lumpur dan Penang. Makanan-makanan pinggir jalan di Malaysia yang populer contohnya rojak (salad buah dan sayuran), apom balik (panekuk isi), dan koay chiap (sup bebek dan mie). Masih banyak lagi makanan yang bisa Anda eksplor dan harganya tidak lebih dari Rp36.000.

4. Tempat terbaik untuk dikunjungi

Kuala Lumpur merupakan destinasi yang biasanya orang pikirkan saat mengunjungi Malaysia karena di sana adalah pusatnya dan ada Menara Petronas yang merupakan landmark negara. Namun, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat lain yang tidak kalah hebatnya dari ibu kota. 

- Pulau Rawa di Johor cocok untuk liburan santai karena kehidupan lautnya yang indah.

- Penang kaya akan tempat wisata seperti ibu kota George Town dan pusat kota tua. Lalu ada pantai yang indah dan desa nelayan yang ramai. Bukit Penang dan Taman Nasional Penang juga menawarkan kesempatan hiking di alam bebas dengan menikmati pemandangan dan menjelajahi satwa liar.

- Langkawi merupakan kepulauan yang menghadirkan 100 pulau. Anda akan mendapatkan perbukitan hijau dan garis pantai yang luar biasa. Namun, Anda perlu membawa atau menyewa WiFi saku untuk terhubung secara daring.

- Johor Bahru adalah kota yang memiliki kuil tua, masjid, dan taman hiburan. Anda bisa menikmati taman hiburan internasional, Legoland, di sana.

5. Hal terbaik yang bisa dilakukan

Aktivitas yang bisa dilakukan di Malaysia tentunya menikmati pemandangan seperti Legoland, George Town, dan pantai-pantainya. Anda juga perlu mengelilingi kota di malam hari saat jalanan ramai dengan pedagang. Anda juga bisa melakukan tur yang terdapat kegiatan snorkeling dan menyelam. Jangan lupakan juga Malaka yang menyediakan arsitektur dan banguan pernis merah di sana.

6. Bahasa daerah

Bahasa nasional Malaysia adalah bahasa melayu. Mempelajari beberapa kalimat dalam bahasa daerah Malaysia agar membantu dalam perjalanan di sana karena mungkin beberapa penduduk di sana tidak berbicara bahasa Inggris atau bahasa ibu Anda. Kalimat-kalimat simpel seperti berapa, jam berapa, dan lain-lain dapat membantu Anda di sana.

7. Acara dan festival lokal

Untuk melakukan perjalanan yang unik, Anda bisa memantau acara dan festival lokal yang berlangsung. Anda bisa mendapatkan pengalaman dan kesempatan yang mungkin tidak bisa didapatkan oleh turis-turis lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro