Ilustrasi jerawat
Fashion

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari untuk Cegah Jerawat

Sabina Arla Yogandini
Senin, 20 Maret 2023 - 14:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jerawat adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh orang Indonesia.

Selain hormon, jerawat juga dipercaya bisa muncul karena gaya hidup dan pola makan Anda.

Pasalnya, makanan yang dikonsumsi secara tidak langsung dapat menimbulkan reaksi pada kulit dan memengaruhi pertumbuhan jerawat.

Melansir dari skinkraft.com, berikut adalah makanan yang bisa memicu jerawat pada wajah

1. Gula

Gula yang dikonsumsi termasuk gula putih olahan diserap dengan cepat ke dalam aliran darah yang dapat meningkatkan kadar gula Anda. Peningkatan kadar insulin (hormon) juga dapat mendorong kelebihan gula ke dalam sel Anda yang akhirnya menyebabkan jerawat.

2. Produk susu

Sebuah penelitian yang dilakukan pada remaja menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi susu rendah lemak dan susu skim akan menyebabkan peningkatan jerawat. Namun, hubungan antara susu dan jerawat masih belum jelas. Jika Anda mengalami jerawat setelah konsumsi susu, ada baiknya untuk menghindari produk susu.

3. Fast food

Mengonsumsi makanan cepat saji seperti burger dan kentang goreng dalam jumlah yang banyak akan menimbulkan jerawat. Namun, hingga saat ini hubungan antara makanan cepat saji dan bahan apa yang menyebabkan jerawat masih belum diketahui.

4. Cokelat

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 100% kakao tanpa pemanis menyebabkan peningkatan jerawat yang signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengonsumsi cokelat yang mengandung susu, produk olahan susu, dan gula menjadikan sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan kuat terhadap bakteri penyebab jerawat.

5. Makanan berminyak

Perlu diperhatikan bagi Anda yang suka mengonsumsi makanan berminyak karena kelebihan minyak dan lemak dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

6. Bubuk Protein Whey

Whey protein kaya akan protein dan asam amino seperti leusin dan glutamin. Bubuk yang biasanya dikonsumsi oleh atlet dan binaragawan pria ini membuat sel kulit tumbuh dan berkembang biak lebih cepat. Bubuk tersebut juga dapat meningkatkan kadar insulin yang juga dapat menjadi penyebab jerawat.

7. Biji-bijian olahan

Makanan seperti roti, pasta, sereal, dan bihun memiliki indeks glikemik yang tinggi dan meningkatkan kadar gula darah. Insulin membuat hormon androgen lebih aktif yang membuat pertumbuhan sel lebih cepat dan produksi sebum yang akhirnya menimbulkan jerawat.

8. Makanan yang kaya akan lemak omega-6

Makanan yang mengandung lemak Omega-6 yang bersifat inflamasi seperti cornflake, minyak kedelai, dan lain-lain diketahui dapat meningkatkan risiko jerawat. Mengonsumsi makanan tersebut akan membuat Anda lebih rentan berjerawat, apabila Anda memang sudah memiliki kulit yang rentan berjerawat.

9. Daging tanpa lemak dan protein hewani

Asupan daging merah (ayam dan kambing) yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat. Hal tersebut dapat terlihat apabila seseorang memiliki jerawat yang cukup besar dan berwarna merah tua di sepanjang garis rahang dan leher. Namun, untuk saat ini hubungannya masih belum diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro