8 Cara Menghilangkan Beruntusan, Tidak Perlu Obat Kimia (freepik)
Fashion

Simak 8 Cara Menghilangkan Bruntusan, Tidak Perlu Obat Kimia

Nuraini
Senin, 13 Februari 2023 - 20:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mengalami bruntusan? Kondisi tersebut mungkin akan membuat Anda tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Untuk Anda yang sedang mengalami bruntusan, berikut beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang perlu diketahui. 

Bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah secara alami? 

Beruntusan atau yang disebut juga sebagai jerawat pasir merupakan jenis jerawat yang berbentuk bintil kecil di wajah. Bruntusan biasanya muncul bersamaan. Kulit yang bruntusan akan memiliki tekstur kasar. 

Kondisi tersebut seringkali membuat seseorang yang mengalaminya menjadi kurang percaya diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini beberapa cara menghilangkan bruntusan secara alami. 

1. Tea tree oil

Cara menghilangkan bruntusan di pipi bisa dengan menggunakan tea tree oil. Sebuah riset dalam Australasian Journal of Dermatology membuktikan bahwa menggunakan sabun muka yang mengandung tea tree oil bisa mengatasi jerawat. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa penggunaan tea tree oil bisa menyebabkan alergi. Maka dari itu, sebelum menggunakannya ke wajah, sebaiknya gunakan terlebih dahulu di tangan. 

2. Es batu

Selain tea tree oil, es batu juga ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di jidat maupun bagian wajah lainnya. 

Rasa dingin yang dihasilkan dari es batu bisa membantu mengatasi peradangan sementara. 

Untuk memperoleh manfaat ini, Anda bisa membungkus es batu dalam kain bersih yang tipis. Setelah itu, tempelkan kain pada area yang berjerawat atau bruntusan. 

Pengompresan ini bisa dilakukan selama satu menit dengan intensitas 1 sampai 2 kali sehari. Pastikan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengompresnya..

3. Teh hijau

Cara menghilangkan bruntusan di hidung maupun bagian wajah lainnya juga bisa dengan menggunakan teh hijau. Kandungan flavonoid dan tanin dalam teh hijau diketahui bisa menyembuhkan peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Menurut riset, teh hijau diketahui memiliki kandungan senyawa antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Senyawa ini dapat membantu menyembuhkan jerawat, tak terkecuali bruntusan. 

4. Lidah buaya

Lidah buaya juga diketahui menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan dengan cepat. Bahkan, bahan alami ini memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas obat jerawat.

5. Madu

Cara menghilangkan jerawat bruntusan juga bisa dengan mengoleskan madu pada wajah yang bruntusan. Anda dapat mencampurkan madu dengan kayu manis. 

Setelah itu, gunakan bahan alami tersebut sebagai masker. Tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. 

6. Oatmeal

Oatmeal juga diketahui bisa membantu mengatasi bruntusan. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa oatmeal mempunyai sifat anti radang dan antioksidan yang bisa membantu menyembuhkan jerawat.

Cara menghilangkan bekas bruntusan menggunakan bahan alami ini yaitu dengan mencampurkan oatmeal bersama air hangat. Setelah itu, oleskan pada wajah seperti menggunakan masker. Tunggu beberapa saat, lalu bisa sampai bersih.

7. Mencukupi kebutuhan air

Selain menggunakan bahan alami, cara menghilangkan bruntusan di wajah juga bisa dengan minum air putih yang cukup. Dengan mencukupi kebutuhan air, maka kelembapan kulit akan terjaga dengan baik. Kondisi tersebut bisa membuat penyembuhan bruntusan menjadi lebih optimal.

8. Rajin membersihkan wajah

Cara lain untuk menghilangkan bruntusan yaitu dengan rutin membersihkan wajah. Pastikan Anda melakukan double cleansing agar seluruh minyak dan kotoran di wajah bisa terangkat.  

Kondisi tersebut akan membuat wajah lebih bersih dan terhindar dari risiko bruntusan maupun jerawat. 

Nah, itulah sejumlah cara menghilangkan bruntusan di wajah tanpa bahan kimia. Agar kulit wajah tetap sehat dan terhindar dari bruntusan, Anda juga perlu memperhatikan pola hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro