Durian/Istimewa
Health

Ini Dampak Buruk Makan Durian, Si Buah 'Panas'

Salma Permata Dewi
Minggu, 2 April 2023 - 19:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Durian sering disebut sebagai raja dari buah-buahan. Tidak hanya memiliki rasa dan aroma yang kuat, durian juga kaya akan nutrisi. Namun, durian juga memiliki efek buruk bagi yang mengonsumsinya.

Durian memiliki manfaat bagi jantung dan sirkulasi darah. Lalu juga dapat meredakan demam, melancarkan pencernaan, masalah kulit, dan kondisi-kondisi lainnya.

Durian juga kaya akan nutrisi dan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin B6. Durian juga dapat membantu menaikkan berat badan karena tinggi akan kalori.

Adapun efek samping mengonsumsi durian seperti yang dilansir dari raffleshealth.com sebagai berikut.

1. Tinggi kalori

Durian tidak mengandung kolesterol atau lemak tidak sehat, tetapi buah ini tetap tinggi kalori. Durian kecil dengan berat sekitar 602 gram memiliki sekitar 885 kalori yang setara dengan 44% dari 2000 kalori harian yang direkomendasikan untuk rata-rata orang dewasa. Oleh karen itu, durian dapat menyebabkan obesitas, penyakit jantung, dan lainnya.

2. Makanan ‘panas’

Menurut Phsician Teo Pei Si, TCM Physician, Raffles Chinese Medicine, durian memiliki khasiat ‘menghangatkan’ sehingga dari perspektif pengobatan tradisional cina buah ini dianggap buah ‘panas’. Makan durian terlalu banyak berisiko mengalami sakit tenggorokan, sariawan, sembelit, atau gejala lainnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memasangkan durian dengan air garam, teh, atau air kelapa.

3. Kandungan gulanya tinggi

Durian memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dibandingkan buah-buah manis lainnya, seperti mangga.

Pasien diabetes disarankan hanya boleh makan satu hingga dua bijin durian sehari.Jika berlebihan mengonsumsi durian secara berlebihan dapat menyebabkan gejala seperti penglihatan kabur dan mual.

4. Mengandung alkohol

Selain kadar etanol, durian juga mengandung senyawa belerang yang memperlambat metabolisme alkohol. Jika memasangkan durian dengan minuman beralkohol, Anda mungkin akan terkena efek kesehatan sementara yang tidak diinginkan, seperti kembung atau mabuk yang lebih parah dari biasanya. Alkohol juga tidak baik bagi kesehatan tubuh, termasuk jantung.

Durian memang memiliki efek samping, tetapi dapat dikonsumsi dengan aman jika Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Tetap perhatikan kalori dan gula yang ada di buah durian. Ms Bibi Chia, Kepala Ahli Diet, Raffles Diabetes & Endocrine Center, merekomendasikan untuk mengonsumsi durian sekitar dua hingga tiga biji durian per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro