Penyebab dan Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa (pexels)
Relationship

Penyebab dan Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Puasa yang Ampuh

Nuraini
Rabu, 5 April 2023 - 12:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat berpuasa biasanya kita akan lebih mudah merasa kantuk. Hal ini sebenarnya sangat wajar, akan tetap jika terjadi terus menerus bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan ngantuk saat puasa.

Lantas, kenapa saat puasa ngantuk? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kenapa Puasa Ngantuk Terus?

Rasa kantuk saat berpuasa merupakan hal yang wajar dan bisa dialami semua orang. Penyebab ngantuk saat puasa biasanya karena gula dalam darah menutup akibat tidak ada makanan dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, berpuasa biasanya akan mengubah gaya hidup seseorang, khususnya dalam hal pola tidur dan makan. Saat berpuasa kita akan bangun di pagi hari untuk makan sahur dan biasanya tidur lebih larut karena beribadah shalat tarawih terlebih dahulu. Kurang tidur di malam hari membuat seseorang mudah mengantuk di siang hari.

Dalam Journal Sleep of Research disebutkan bahwa ketika berpuasa, rata-rata orang mengalami kekurangan waktu tidur sekitar 40 menit. Rasa kantuk biasanya mulai terasa antara pukul 14.00 sampai 17.00

Cara agar Tidak Ngantuk Saat Puasa

Meskipun rasa kantuk saat berpuasa merupakan hal normal, akan tetapi jika terjadi terus menerus tentu akan mengganggu aktivitas. Terlebih jika Anda harus bekerja atau belajar di siang hari selama berpuasa. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara agar tidak ngantuk saat bekerja saat puasa. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Aktif bergerak

Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat puasa di siang hari yaitu dengan aktif bergerak. Sebuah riset dalam jurnal Frontiers in Public Health mengatakan bahwa berjalan selama 10 menit di luar ruangan bisa meningkatkan kinerja otak. Aktif bergerak akan membuat aliran darah meningkat ke otak. Dengan demikian, otak menjadi lebih aktif dan rasa kantuk bisa dihindari.

2. Beraktivitas di tempat yang terang

Cara menghilangkan ngantuk saat puasa lainnya yaitu dengan beraktivitas di tempat terang. Rasa kantuk akan semakin besar jika Anda berada di tempat yang nyaman seperti kasur atau sofa. Kondisi ini berkaitan dengan mekanisme tubuh untuk merespon suasana, seperti kondisi gelap dan terang.

Ketika rasa kantuk muncul, segeralah untuk berpindah ke tempat yang lebih terang. Lebih baik cari ruangan yang terkena sinar matahari atau penerangan agar tubuh lebih segar dan tidak mengantuk.

3. Melakukan teknik pernapasan dalam

Teknik pernapasan ini akan meningkatkan oksigen dalam tubuh. Teknik pernapasan ini juga dapat menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan membuat sirkulasi udara meningkat. Secara alami, kondisi ini akan meningkatkan energi dan menghilangkan kantuk.

4. Berbincang dengan orang lain

Tips agar puasa tidak lemas dan ngantuk juga bisa dengan berbincang atau mengobrol dengan orang lain. Berdiskusi tentang sebuah topik akan membuat otak aktif dan segar. Selain itu, cara ini juga bisa menghilangkan kebosanan saat bekerja atau belajar.

5. Mengerjakan tugas yang lain

Mengerjakan satu tugas terus menerus mungkin akan membuat Anda bosan dan mudah mengantuk. Maka dari itu, cara menghilangkan ngantuk saat puasa juga bisa dengan mengerjakan tugas lain yang lebih menyenangkan atau lebih menantang. Dengan demikian, otak menjadi lebih segar.

Itulah penjelasan seputar penyebab kantuk saat puasa dan cara mengatasinya. Selain cara di atas, Anda juga perlu menjaga pola hidup sehat seperti mencukupi kebutuhan tidur, menerapkan pola makan, dan rutin olahraga. Dengan demikian, tubuh lebih bugar saat berpuasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro