Urutan Benua Terluas di Dunia, Benua Asia Nomor Satu
Travel

Urutan Benua Terluas di Dunia, Benua Asia Nomor Satu

Nuraini
Rabu, 5 April 2023 - 16:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, benua adalah bagian Bumi berupa daratan yang luas.

Dahulu, Bumi hanya memiliki satu benua yaitu Pangaea. Akan tetapi, saat ini Bumi memiliki tujuh benua. Dari ketujuh daratan luas tersebut, apa benua terluas di dunia? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Urutan Benua Terbesar Di Dunia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Bumi memiliki tujuh benua. Berikut ini urutan benua dari yang terbesar sampai yang terkecil.

1. Benua Asia

Saat ini, benua terluas di dunia adalah benua Asia. Benua terbesar di dunia ini memiliki luas kurang lebih 17,2 juta mil persegi atau sekitar 44,6 juta kilometer persegi. Selain luas dan besar, benua Asia menjadi benua dengan populasi terbanyak di dunia yaitu kurang lebih 4,6 miliar dari 7,7 miliar penduduk dunia pada tahun 2020. 

Titik tertinggi dan terendah di bumi juga terletak di benua Asia tepatnya Gunung Everest dengan ketinggian 8,8 kilometer di atas permukaan laut dan Laut Mati dengan titik terendah 431 di bawah permukaan laut.

2. Benua Afrika

Urutan kedua benua terbesar di dunia yaitu benua Afrika. Luas benua Afrika mencapai 11,6 juta mil persegi atau sekitar 30 juta kilometer persegi. Populasi dari benua Afrika juga sebanding dengan ukurannya yaitu sekitar 1,3 miliar penduduk. 

Benua Afrika memiliki sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil dengan panjang sekitar 4.100 mil atau 6.600 kilometer. Sungai terpanjang ini  membentang dari Sudan ke Laut Mediterania.

3. Benua Amerika Utara

Benua Amerika Utara memiliki luas 9,4 juta mil persegi atau 24,5 juta kilometer persegi. Pertumbuhan penduduk di benua ini tidak sebanding dengan luasnya. Populasi penduduk dari benua terbesar di dunia ketiga ini hanya sebanyak 369 juta orang saja. 

Salah satu benua terluas di dunia ini memiliki danau air tawar terbesar di dunia yaitu Great Lakes Superior dengan luas kurang lebih 82.100 kilometer persegi. Danau tersebut membentang luas di antara Amerika Serikat dan Kanada.

4. Benua Amerika Selatan

Terletak di bumi bagian barat, benua ini memiliki luas 6,9 juta mil persegi atau 17,8 juta kilometer persegi. Amerika Selatan memiliki populasi sebanyak 431 juta orang penduduk. 

Benua terluas di dunia ini memiliki pegunungan terpanjang di dunia yaitu Pegunungan Andes yang membentang sepanjang 4.350 mil atau 7.000 kilometer dari Venezuela Selatan ke Chile.

5. Benua Antartika

Urutan kelima benua terluas di dunia adalah Benua Antartika. Benua Antartika memiliki luas 5,5 juta mil persegi atau seluas 14,2 juta kilometer persegi. Benua yang terletak di kutub selatan ini selalu tertutup oleh es dan salju. Oleh karena itu, Benua Antartika menjadi benua terbesar di dunia yang tidak memiliki penduduk. Namun, beberapa peneliti dan personel tertentu tinggal di sana dengan beberapa kepentingan tertentu.

6. Benua Eropa

Benua Biru atau Eropa merupakan benua dengan ukuran luas 3,8 juta mil persegi atau 9,9 kilometer persegi. Dengan luasnya tersebut, benua ini hanya memiliki populasi sebanyak 746 juta orang.

7. Benua Australia

Benua terakhir dalam urutan benua terluas di dunia yaitu Australia. Negara sekaligus benua ini memiliki luas 3 juta mil persegi atau seluas 7,7 juta kilometer. 

Populasi di Australia tidak terlalu banyak karena kondisi lahan yang tidak semuanya bisa dijadikan hunian. Sebanyak 25 juta dari 43 juta penduduk Australia hidup di daerah perkotaan pesisir.

Itulah urutan benua terluas di dunia mulai dari yang paling besar hingga yang paling kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro