Ilustrasi operasi katarak/Dok. Kanwil DJP Wajib Pajak Besar
Health

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Operasi Katarak

Mia Chitra Dinisari
Senin, 17 April 2023 - 17:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Katarak adalah penyakit mata degeneratif yang umumnya terjadi pada lansia. Semakin bertambah usia, lensa mata menjadi keruh dan buram. Jika tidak ditangani dengan tepat dan rutin, katarak akan menyebabkan kebutaan. 

Salah satu cara mengobati katarak adalah dengan operasi.

Operasi katarak adalah prosedur bedah medis yang dilakukan untuk mengangkat lensa yang keruh lalu diganti dengan lensa buatan yang lebih jernih.

Meskipun sering mendengar istilah operasi katarak, ternyata masih belum banyak yang mengetahui lebih lengkap  soal prosedur operasi katarak.

Operasi katarak dapat dilakukan atas saran dari dokter spesialis mata setelah dokter melakukan pemeriksaan penglihatan secara menyeluruh pada calon pasien.

Hingga saat ini, operasi katarak adalah satu-satunya cara yang terbukti mampu menyembuhkan penyakit katarak.

Penyakit katarak sendiri ditandai dengan mengeruhnya lensa mata, sehingga membuat penglihatan menjadi kabur. Katarak umum terjadi pada lansia dan dapat menyerang pada salah satu atau kedua mata sekaligus.

Bagi Anda atau anggota keluarga yang mengalami katarak dan hendak melakukan operasi katarak, berikut hal penting yang harus Anda ketahui mengenai operasi katarak.

Ketika katarak masih tergolong ringan dan belum menyebabkan gangguan penglihatan yang signifikan, biasanya dokter belum menyarankan untuk operasi katarak.

Operasi katarak disarankan ketika penderita mengalami gejala berikut ini:

  • Penglihatan kabur;
  • Penglihatan ganda saat melihat objek;
  • Sensitvitas warna dan kontras menurun;
  • Mata menjadi lebih sensitif terhadap sinar atau mudah silau;
  • Muncul lingkaran cahaya ketika melihat lampu.

Persiapan Sebelum Operasi Katarak

Sebelum operasi, dokter akan melakukan pemeriksaan mata dan memberikan informasi mengenai tentang prosedur operasi hingga risikonya. Informasi ini diberikan dengan tujuan agar Anda mengetahui secara jelas bagaimana operasi katarak akan dilakukan.

Persiapan operasi katarak sebenarnya tidak terlalu rumit. Pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum operasi untuk membantu meminimalkan risiko komplikasi dan mempercepat pemulihan.

Anda juga perlu membawa satu pengantar, baik keluarga maupun kerabat untuk mengantarkan Anda pulang setelah operasi. Hal ini dikarenakan pasca operasi katarak, pasien dilarang untuk menyetir kendaraan sendirian.

Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter Anda tentang persiapan apapun yang perlu dilakukan sebelum operasi katarak.

Prosedur Operasi Katarak

Dr. Maria Magdalena Purba, SpM dari KMN Eye Centre mengatakan prosedur operasi katarak dimulai dengan dokter meneteskan obat khusus untuk memperlebar pupil, sehingga memudahkan pelaksanaan operasi. Pasien juga akan diberikan anestesi lokal agar mata tidak nyeri dan untuk memberikan rasa nyaman selama tindakan.

Lalu, dokter akan membuat sayatan yang sangat kecil pada kornea (bagian transparan pada permukaan mata) sebagai jalur masuk alat yang digunakan saat operasi.

Lensa mata yang keruh akan dipecah-pecahkan menjadi fragmen yang kecil dengan menggunakan teknologi ultrasound. Pecahan-pecahan lensa akan disedot dengan alat yang disebut phacoemulsifier.

Setelah lensa yang keruh diangkat dan dibersihkan, lalu dokter akan memasukkan lensa buatan ke dalam kapsul lensa yang sama. Lensa buatan ini akan menggantikan peran lensa asli dalam memfokuskan cahaya pada retina.

Setelah lensa buatan terpasang, dokter akan menutup sayatan dengan jahitan halus atau bahkan sebagian besar kasus tidak dilakukan jahitan sama sekali.

Selama operasi berlangsung, pasien akan tetap sadar dan dapat membuka mata hingga semua tindakan bedah selesai dilakukan.

Operasi katarak berlangsung selama kurang lebih 30 menit dan hanya dapat dilakukan pada salah satu mata terlebih dulu. Jika katarak terjadi pada kedua mata, pelaksanaannya dilakukan secara terpisah menunggu mata yang sudah dioperasi sembuh lebih dulu.

Setelah operasi, pasien biasanya diizinkan pulang pada hari yang sama, namun perlu melakukan perawatan mata pasca operasi dan menghindari aktivitas berat selama beberapa minggu.

Hal yang perlu diperhatikan pasca operasi katarak

Jangan khawatir apabila penglihatan Anda sedikit keruh atau buram saat pertama kali melepas pelindung mata pasca operasi. Hal ini dikarenakan sistem penglihatan Anda masih menyesuaikan dengan lensa intraokular pengganti.

Setelah pelaksanaan operasi katarak, dokter akan memberikan janji temu untuk memantau kondisi mata dan memastikan tidak adanya komplikasi.

Butuh waktu sekitar satu bulan pasca operasi untuk memastikan mata Anda benar-benar sembuh. Dalam kurun waktu sekitar satu bulan ada beberapa perawatan pasca operasi katarak yang perlu Anda lakukan, meliputi:

  • Pakai obat tetes mata sesuai anjuran dokter;
  • Pelindung mata disarankan untuk digunakan saat tidur, saat mandi atau saat keramas setidaknya selama seminggu ke depan;
  • Konsumsi obat penghilang rasa sakit sesuai anjuran dokter, apabila diperlukan;
  • Periksa ke dokter sesuai dengan jadwal kunjungan;
  • Pakai kacamata hitam ketika berada di luar ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro