Tips Mudik dengan Mobil Agar Tetap Aman dan Nyaman - Freepik
Travel

Tips Mudik dengan Mobil Agar Tetap Aman dan Nyaman

Nuraini
Senin, 17 April 2023 - 22:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu tradisi masyarakat Indonesia menjelang lebaran yaitu pulang kampung atau mudik.

Cara masyarakat mudik pun berbeda-beda. Hal itu tergantung pada jarak dan moda transportasi yang dipakainya. Nah, bagi Anda yang menggunakan mobil, berikut tips mudik naik mobil dengan aman dan nyaman.

Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi

Ada banyak hal yang penting untuk direncanakan sebelum mudik. Berikut beberapa tips mudik naik mobil agar aman dan nyaman selama perjalanan. 

  • Menyusun rencana anggaran / budget menyesuaikan kondisi keuangan

Tips mudik dengan mobil yang pertama menyusun budget. Hal ini patut diperhatikan, jangan sampai biaya mudik naik mobil pribadi malah membuat Anda kesusahan secara finansial. Rencanakan segala bentuk pengeluaran yang mungkin terjadi saat mudik atau selama berada di kampung halaman. 

  • Membawa makanan serta minuman sendiri 

Selama perjalanan mudik, sebaiknya membawa makanan maupun minuman. Tujuannya agar selama mudik Anda tidak merasa kehausan atau kelaparan. 

  • Memastikan kondisi bahan bakar mobil

Usahakan BBM yang ada pada kendaraan yang digunakan selalu penuh. Jika mulai berkurang, Anda bisa berhenti sejenak di SPBU untuk mengisi bahan bakar kendaraan Anda. 

  • Mempersiapkan barang bawaan

Barang bawaan sebaiknya dipersiapkan menyesuaikan kapasitas bagasi pada mobil. Usahakan untuk menghemat tempat dan membawa barang seperlunya untuk mengurangi beban pada mobil.

  • Mempelajari dan mempersiapkan rute perjalanan

Tips mudik dengan mobil yang selanjutnya mempersiapkan rute mudik. Tidak seperti menggunakan transportasi umum, mudik naik mobil pribadi mengharuskan pengemudinya untuk menentukan rute yang akan dilalui serta memperhatikan aturan-aturan yang berlaku di rute tersebut. Anda bisa menggunakan maps online untuk mempermudah menemukan jalan ke kampung halaman. 

  • Memeriksa kondisi mobil

Sebelum mudik, alangkah lebih baik mengecek kondisi mobil ke bengkel-bengkel profesional terdekat. Biasanya pengecekan dilakukan pada komponen utama seperti aki, mesin mobil, tangki, lampu, rem dan komponen penting lainnya untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

Tips Membawa Bayi Mudik Naik Mobil

Seperti yang kita tahu, kondisi dan kebutuhan manusia dewasa dengan bayi sangat jauh berbeda. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan kita saat hendak mudik membawa bayi. Berikut ini sejumlah tips mudik bawa bayi naik mobil. 

  • Mempersiapkan perlengkapan bayi

Perlengkapan bayi sebisa mungkin diposisikan di tempat yang mudah kita jangkau. Biasanya perlengkapan yang harus dipersiapkan yaitu tisu basah, susu, hand sanitizer, popok beserta alas ganti popok, dan hal esensial lainnya. Usahakan segala keperluan dan perlengkapan yang bayi butuhkan sudah siap sebelum berangkat mudik.

  • Menggunakan baby seat 

Baby seat dirancang khusus dengan mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan bayi. Jok khusus tersebut dapat meminimalisir guncangan dan mencegah posisi bayi bergeser dari tempat, dengan kata lain baby seat meminimalisir resiko bagi bayi selama perjalanan mudik.

  • Posisikan bayi di sebelah kita

Sebagai orang tua, akan lebih mudah mengawasi dan mengontrol bayi apabila bayi berada lebih dekat dengan kita. Selalu dampingi bayi dan pastikan kebutuhan bayi terpenuhi, baik itu konsumsi dan istirahat.

Tips Meninggalkan Mobil Saat Mudik

Tidak semua orang memutuskan mudik menggunakan mobil. Jika Anda tidak mudik menggunakan mobil dan berencana meninggal mobil ketika mudik, berikut beberapa tips meninggalkan mobil saat mudik. 

  • Bersihkan dan periksa barang di dalam mobil

Usahakan untuk membersihkan atau mencuci mobil agar tidak bau ketika ditinggal mudik. Selain itu, usahakan untuk memindahkan barang-barang pribadi untuk meminimalisir resiko kehilangan barang.

  • Parkir mobil di dalam garasi dan lepas rem tangan

Memarkirkan mobil di dalam garasi menjadi pilihan aman dan minim resiko kemalingan serta serangan hewan liar. Kondisi rem tangan juga patut diperhatikan, lebih baik ganjal ban menggunakan kayu karena ada resiko kampas rem menempel kuat ke bagian tromol rem apabila ditinggal dalam waktu yang lama.

  • Pasang kunci tambahan dan alarm atau titipkan ke petugas keamanan setempat

Kunci tambahan pada kemudi dan roda serta alarm dapat menjadi keamanan tambahan bagi mobil. Akan lebih aman apabila menitipkan mobil ke petugas keamanan yang biasanya berjaga keliling mengecek keadaan komplek.

Sekian tips mudik dengan mobil agar keluarga tetap aman dan nyaman sampai tempat tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro