Candi Prambanan/Unesco.Org
Travel

Mudik ke Jogja? Ini Rekomendasi Tempat Wisata Saat Libur Lebaran

Sabina Arla Yogandini
Selasa, 18 April 2023 - 19:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki suasana Lebaran, sudah banyak dari Anda yang mempersiapkan atau bahkan sudah melakukan mudik ke berbagai daerah, termasuk Jogja. Merayakan hari kemenangan bersama dengan keluarga adalah momen berharga di setiap tahunnya.

Selain pulang kampung ke Jogja untuk merayakan Lebaran, Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata bersama dengan keluarga. Adapun destinasi wisata terkait sejarah, adat, dan tradisi yang dapat Anda kunjungi.

Bagi Anda yang merencanakan mudik ke Jogja, Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata bersama dengan keluarga Anda. Melansir dari traveloka.com, berikut adalah rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat libur Lebaran:

1. Candi Prambanan

Tempat ini tak asing lagi sebagai opsi tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Setelah melakukan silaturahmi bersama dengan keluarga saat Lebaran, Anda dapat mengunjungi Candi Prambanan karena tempat ini tetap buka pada saat Lebaran 2023. Dengan berkunjung ke Candi Prambanan, kamu bisa melihat keindahan relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.

2. Sendratari di Candi Prambanan

Masih di tempat yang sama, Anda juga dapat menyaksikan cerita-cerita yang terpahat di Candi Prambanan menjadi nyata dengan pertunjukan magis dari Ramayana Ballet. Dengan rentang waktu dari pukul 19.30 sampai 21.30 WIB, Anda akan disuguhkan dengan penampilan yang memperlihatkan kisah legendaris Rama dan Shinta dalam 4 babak dengan menggabungkan seni tari, musik, drama, kostum, dan pencahayaan diiringi musik gamelan Jawa yang memukau.

3. Candi Ratu Boko

Tempat yang menjadi banyak diperbincangkan karena pernah menjadi lokasi syuting film AADC 2 ini buka saat hari Lebaran pukul 07.00-17.00 WIB. Anda dapat menjelajahi area candi yang luas dengan pemandangan cantik.

Candi Ratu Boko ini merupakan hasil dari reruntuhan Istana Ratu Boko dari abad ke-9 yang memiliki arsitektur unik. Candi Ratu Boko dahulunya merupakan sebuah istana megah yang dimiliki oleh ayah Lara Jonggrang. Setelahnya, raja-raja Mataram Hindu mengambil alih dan menjadikan Istana Ratu Boko gabungan dari pengaruh arsitektur Buddha dan Hindu.

4. Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat wisata di Jogja yang kekinian ini mengusung konsep pertanian, perkebunan, dan peternakan. Tempat ini tetap buka saat hari Lebaran, tepatnya pada pukul 13.00 WIB. Adapun kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini antara lain berfoto di Langlang Buana Bhumi Merapi, yaitu tempat dengan bangunan serba putih dan atap biru yang disulap seperti Santorini.

5. Obelix Hills

Bagi Anda yang suka dengan pemandangan perbukitan dan melihat indahnya Kota Jogja dari ketinggian, tempat ini cocok bagi Anda. Adapun spot foto yang instagramable seperti di ayunan langit, Eagle Nest, Sky Deck dengan latar langit, hingga rumah ala Meksiko Casa Mexicana. Obelix Hills juga buka saat Lebaran, yaitu tanggal 21 April pukul 13.00-21.00 dan tanggal 22 April pukul 07.00-21.00 WIB.

6. Museum Ullen Sentalu

Di tempat ini Anda dapat mengenal lebih jauh mengenai warisan budaya Jawa. Adapun berbagai macam koleksi seni dari Keraton Yogyakarta. Tak hanya itu, Anda dapat menemukan banyak Batik, patung, dan pahatan berharga yang menggambarkan sejarah dan tradisi kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro