Tip agar tidak mabuk atau mual di mobil
Relationship

Pegal Saat Perjalanan Mudik? Lakukan Cara Ini di Rest Area

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 20 April 2023 - 23:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak dari Anda yang mungkin tengah melakukan perjalanan mudik Lebaran. Di arus mudik seperti sekarang ini, kemacetan akan melanda di sejumlah titik karena meningkatnya volume kendaraan.

Berada di mobil selama berjam-jam karena faktor kemacetan atau rute perjalanan mudik yang jauh akan membuat tubuh Anda terasa pegal. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan peregangan untuk mengatasi pegal saat sedang melakukan mudik Lebaran.

Adapun cara peregangan yang dapat Anda lakukan di mobil atau saat Anda sedang berada di rest area.

Ini peregangan yang dapat Anda lakukan saat sedang dalam perjalanan mudik Lebaran:

1. Peregangan punggung bagian atas dengan duduk

Saat Anda sedang berada di rest area, coba duduk di mobil bagian depan (kiri), biarkan tubuh bagian atas Anda jatuh ke depan dan jangkau tangan Anda ke dasbor. Rilekskan punggung bagian atas Anda dan biarkan tubuh Anda melingkar ke depan. Tarik napas dan saat menghembuskan napas, gerakkan ujung jari Anda ke depan ke arah kaca depan. Coba untuk tetap bertahan dalam kondisi tersebut selama 30 sampai 60 detik.

2. Peregangan dada

Jika Anda tengah parkir di rest area, cobalah keluar dari mobil Anda dan berdiri tegak di samping mobil Anda, lalu posisikan satu lengan setinggi dada atau pinggang di luar jendela mobil. Sambil menjaga bahu tetap ke bawah dan ke belakang, mulailah peregangan dengan perlahan-lahan untuk menjauhkan tubuh Anda dari mobil hingga Anda merasakan peregangan di dada. Tahan posisi tersebut selama 30 hingga 60 detik.

3. Peregangan hamstring

Sambil berdiri tegak di samping mobil Anda, angkat satu kaki dan letakkan tumit Anda di pintu mobil (pastikan pintu mobil dalam kondisi terbuka). Pastikan punggung Anda tetap tegak dan perlahan-lahan condongkan tubuh Anda ke depan di bagian pinggul sampai Anda merasakan peregangan di bagian belakang paha. Tahan posisi tersebut selama 30 hingga 60 detik. Kemudian, ulangi untuk sisi kaki lainnya.

4. Peregangan paha bagian dalam

Sebelum melakukan peregangan dengan cara ini, Anda perlu keluar dari mobil dan membuka jendela mobil Anda. kemudian, berdirilah menghadap mobil Anda dengan kaki sedikit lebih lebar dari lebar bahu dan jari-jari kaki mengarah ke depan. Letakkan tangan Anda di atas mobil sehingga dapat menopang Anda dengan nyaman.

Sambil menahan otot inti Anda tetap sedikit terlibat, duduklah dengan bersandar pada pinggul dan pindahkan berat badan Anda ke sisi kiri hingga Anda merasakan peregangan pada paha bagian dalam. Tahan posisi tersebut selama 30 hingga 60 detik. Kemudian, ulangi untuk sisi kaki lainnya.

5. Peregangan Quad

Berdirilah di samping mobil Anda dengan pintu terbuka dan membelakangi pintu. Posisikan kaki depan Anda cukup jauh sehingga lutut depan Anda tetap berada di belakang jari-jari kaki. Dengan menggunakan salah satu kaki Anda yang lain, letakkan bagian atas kaki Anda di tepi pintu mobil.

Tekuk tulang ekor Anda dan tekan pantat Anda (menggunakan kedua tangan) dengan satu sisi kaki belakang yang menempel pada sisi mobil untuk memulai peregangan. Peregangan ini akan terasa pada bagian depan paha Anda. Tahan posisi tersebut selama 30 hingga 60 detik. Kemudian, ulangi untuk sisi kaki lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro