Ilustrasi pria mengalami gejala kanker paru-paru/Freepik
Health

Kenali Gejala Kanker Paru-paru, Muncul Saat Pagi

Sabina Arla Yogandini
Senin, 24 April 2023 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak mudah untuk mendeteksi gejala kanker pada tubuh karena kerap kali tidak kentara bagi orang yang menderitanya. Hal itu terjadi pada kanker paru yang biasanya tidak menunjukkan tanda atau gejala pada tahap awal.

Hal tersebut dapat menyebabkan deteksi dini kanker menjadi sulit. Namun, penting bagi Anda untuk mengenali tanda-tanda peringatan sebelumnya karena dengan begitu akan membantu Anda mendeteksi gejala secara tepat waktu.

Adapun tanda-tanda yang perlu diwaspadai dan tidak boleh disepelekan bagi Anda yang mengalaminya dan harus segera  mencari pertolongan medis akan hal ini.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah empat tanda peringatan kanker paru yang dapat muncul di pagi hari:

1. Demam

Demam merupakan salah satu gejala umum pada kanker paru-paru. Menurut US National Institutes of Health, pasien kanker paru, terutama yang berada pada stadium lanjut, sering kali menunjukkan gejala demam. Hal itu terjadi karena adanya infeksi (termasuk yang terkait dengan demam neutropenik akibat radioterapi dan/atau kemoterapi), diikuti oleh demam tumor yang disebabkan oleh perkembangan tumor atau beban tumor yang tinggi. 

Demam neutropenik merupakan demam yang terjadi ketika pasien mengalami neutropenia atau memiliki jumlah neutrofil (sejenis sel darah putih) yang lebih rendah dari normal. Adapun kecemasan dan depresi akibat kanker dapat menyebabkan demam psikogenik (yang berhubungan dengan stres).

2. Bangun dengan keringat bercucuran

Pasien dengan penyakit kanker paru-paru sering kali terbangun dalam keadaan basah kuyup oleh keringat. Salah satu penyebabnya adalah kanker yang disebabkan oleh demam sehingga  membuat tubuh mengeluarkan keringat berlebihan untuk mendinginkan diri.

3. Batuk kering

Batuk kering (tanpa lendir) yang terjadi selama lebih dari tiga minggu dapat menunjukkan adanya kanker paru. Kanker paru-paru biasanya dimulai dengan batuk kering yang disertai kejang. Menurut penelitian, setidaknya 65% penderita kanker paru mengalami batuk yang mengganggu pada saat mereka didiagnosis.

4. Darah dalam dahak

Darah dalam dahak pun dapat menjadi tanda peringatan adanya kanker paru. Dahak merupakan jenis lendir kental yang dihasilkan oleh paru-paru.

Adapun tanda-tanda lain dari kanker paru-paru yang perlu Anda kenali misalnya seperti infeksi dada yang tak kunjung sembuh, batuk berdarah, sakit atau nyeri saat bernapas atau batuk, sesak napas yang terus-menerus, kelelahan yang terus-menerus, kehilangan nafsu makan atau penurunan berat badan, jari-jari tangan menjadi lebih melengkung atau ujungnya menjadi lebih besar, sakit saat menelan makanan, suara serak, pembengkakan pada leher atau wajah, dan nyeri dada atau bahu yang terjadi secara terus-menerus (tak kunjung sembuh).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro