Ilustrasi keluarga
Relationship

Anti Canggung, Ini Tips Bertemu Keluarga Jauh yang Jarang Bertemu

Sabina Arla Yogandini
Senin, 24 April 2023 - 12:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah satu bulan penuh berpuasa, seluruh umat muslim merayakan Hari Raya Idulfitri. Di momen ini, biasanya banyak orang yang akan kumpul keluarga baik itu yang sering ketemu atau bahkan jarang bertemu karena berbeda kota.

Lebaran menjadi momen berharga karena dapat berkumpul bersama yang mungkin saja hanya terjadi satu tahun sekali. Tak jarang dalam momen ini akan terasa canggung bagi Anda yang jarang bertemu dengan keluarga jauh karena satu dan lain hal. Adapun yang justru menghindari untuk saling berkomunikasi karena merasa canggung. 

Dilansir dari verywellmind.com, verywellfamily.com, dan friendlamps.com, hal tersebut dapat diatasi agar momen kumpul keluarga ini dapat dilakukan dengan situasi yang hangat dan nyaman.

Simak tips bertemu dengan keluarga jauh yang jarang bertemu:

1. Membahas kenangan indah

Apabila yang Anda temui adalah saudara atau sepupu Anda yang sudah jarang bertemu, Anda dapat memulai percakapan dengan mengungkit kenangan indah atau saat-saat lucu yang pernah Anda lalui bersama. Percakapan tersebut akan membawa Anda kembali ke saat-saat ketika Anda masih dekat. Setelah itu, Anda dapat maju ke pertanyaan selanjutnya mengenai kabar atau hal yang sedang dilakukan sekarang agar percakapannya tidak kaku. 

2. Tunjukkan ketertarikan Anda

Pada saat Anda sedang ngobrol dengan keluarga Anda, beri tahu mereka bahwa Anda tertarik dengan apa yang mereka bagikan. Untuk bisa terhubung satu sama lain Anda bisa  memperhatikan, mengajukan pertanyaan lanjutan, dan berempati kepada mereka. Dengan begitu Anda dapat membangun suasana yang lebih hangat dan dapat dekat kembali.

3. Rencanakan apa yang Anda ingin katakan

Anda mungkin ingin membangun komunikasi dengan keluarga Anda yang jarang bertemu atau saudara jauh Anda. Namun, Anda juga perlu memperhatikan apa yang ingin Anda katakan atau tanyakan agar tidak menyinggung orang yang Anda ajak bicara. Mungkin saja dari Anda akan menanyakan mengenai pendidikan, pasangan, atau lain sebagainya. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dan mengetahui batasan tertentu karena bisa saja apa yang Anda tanyakan merupakan hal sensitif dan malah membuat situasi menjadi semakin canggung. 

4. Lakukan sesuatu bersama

Di momen Lebaran ini Anda dapat  mendekatkan kembali relasi yang sebelumnya jauh menjadi dekat. Untuk itu, Anda bisa melakukan aktivitas bersama, seperti makan bersama, jalan beriringan saat silaturahmi keluarga, menonton film, atau hal lainnya. 

5. Ceritakan kehidupan Anda

Anda dan keluarga Anda tak sering bertemu karena memiliki kehidupan masing-masing. Di momen ini lah Anda dapat menceritakan hal apa yang Anda alami, lakukan, atau lainnya. Dengan begitu akan mebangun topik baru dan perbincangan akan semakin seru. Tak hanya itu, Anda juga dapat menanyakan terkait kehidupan anggota keluarga Anda agar situasi menjadi lebih hangat.

6. Jangan berpikir terlalu keras

Tak jarang dalam momen kumpul keluarga Anda akan merasa canggung dan berpikir keras untuk membangun topik. Untuk itu, Anda perlu santai dan menjadi diri sendiri agar Anda dapat membangun perbincangan yang nyaman satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro