Vaksinasi malaria. Waspada, Ini Gejala Penyakit Malaria dan Cara Menanggulanginya/Reuters-Joseph Okanga
Health

Waspada, Ini Gejala Penyakit Malaria dan Cara Menanggulanginya

Newswire
Selasa, 25 April 2023 - 13:56
Bagikan

Cara Menanggulangi Malaria

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI Prof. Tjandra Yoga Aditama, bertepatan dengan peringatan Hari Malaria Sedunia pada 25 April, mengingatkan program "3i" yakni investasi, inovasi dan implementasi guna menanggulangi malaria di Indonesia maupun di negara-negara lainnya.

Dia, melalui pesan elektroniknya, Selasa, menjabarkan terkait investasi, data dunia menunjukkan kesenjangan yang terus meningkat antara dana yang tersedia dan yang dibutuhkan.

World Malaria Report pada Desember 2022 misalnya, yang menyebutkan dana setahun yang dibutuhkan dunia adalah 7,3 miliar dolar Amerika Serikat atau setara Rp109 triliun, sementara dana yang tersedia baru sekitar 3,5 miliar dolar AS atau setara Rp52 triliun.

"Jadi ada kesenjangan 3,8 miliar dolar AS, ini meningkat dibandingkan kesenjangan tahun 2019 sebesar 2,6 miliar dolar AS dan di tahun 2020 sebesar 3,5 miliar dolar AS," kata Tjandra.

Kemudian, tentang inovasi, saat ini peneliti mengembangkan alat diagnosis baru untuk dapat mengatasi delesi gen HRP2 dan HRP3 serta diagnosis melalui saliva dan urine.

Menurut Tjandra, penelitian vaksin malaria juga berkembang dan salah satu yang cukup menjanjikan yakni R21, yang merupakan jenis vaksin S.

Selain itu, berbagai obat malaria baru juga terus diteliti, termasuk yang sifatnya “non-ACT” dan juga “triple ACTs”.

"Untuk pengendalian vektor maka ada sekitar 28 produk yang sedang diteliti," tutur Tjandra.

Tjandra mengatakan selain investasi dan inovasi, diperlukan implementasi. Dia berharap agar Indonesia juga dapat mengatasi kesenjangan investasi anggaran untuk malaria, berpartisipasi dalam perkembangan ilmu dalam inovasi penanggulangan malaria dan melakukan implementasi di lapangan agar malaria dapat dikendalikan.

World Malaria Report yang diterbitkan pada Desember 2022 menunjukkan malaria membunuh sekitar 619.000 orang di dunia pada tahun 2021 dan 625.000 orang pada tahun sebelumnya. Tercatat sebanyak 247 juta kasus baru malaria pada tahun 2021 atau naik dari tahun 2020 yaitu 245 juta.

Untuk Indonesia, data dari laman WHO Indonesia memperkirakan sebanyak 1.412 kematian akibat malaria pada 2021 dan 811.636 kasus malaria baru pada tahun yang sama. Sebanyak 89 persen dari kasus malaria di Indonesia terjadi di Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Newswire
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro