Sakit perut karena makan makanan pedas/Shutterstock.com
Health

Ini Obat Alami Untuk Usus yang Tidak Sehat

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 29 April 2023 - 23:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perubahan gaya hidup juga dapat mempengaruhi pola makan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan olahan menyebabkan meningkatnya gangguan usus seperti Irritable Bowel Syndrome, intoleransi laktosa, dan sindrom usus bocor. 

Banyak dari Anda yang mungkin mengetahui bahwa sebagian besar masalah mental dan fisik berasal dari usus yang tidak sehat. Usus yang tidak berfungsi dengan baik dapat menghambat kualitas hidup Anda. 

Untuk itu, penting bagi Anda untuk menjaga usus agar tetap sehat. Dilansir dari Healthshots, berikut adalah pengobatan rumahan untuk usus yang lebih sehat:

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu menenangkan usus dan mengurangi peradangan. Ada berbagai bentuk jahe yang dapat Anda konsumsi seperti teh jahe, parutan jahe dalam makanan, atau suplemen jahe.

2. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang membantu mengembangkan usus yang sehat dengan menyeimbangkan bakteri usus. Anda dapat menemukan probiotik dalam makanan fermentasi seperti yoghurt, kefir, asinan kubis, kimchi, dan sayuran fermentasi lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen probiotik yang disarankan oleh ahli kesehatan setelah Anda berkonsultasi. 

3. Minyak peppermint

Peppermint telah terbukti memiliki efek positif yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kembung dan gangguan pencernaan pada usus. Anda dapat mengonsumsi peppermint dalam bentuk, misalnya seperti teh peppermint atau menggunakan minyak esensial peppermint dalam aromaterapi yang dapat digunakan untuk memijat area perut. 

4. Slippery elm

Slippery elm adalah ramuan yang dapat digunakan untuk menenangkan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan. Anda dapat mengonsumsi suplemen slippery elm dalam bentuk kapsul atau bubuk, atau Anda dapat membuat teh dengan mencampurkan bubuk slippery elm dengan air.

5. Kaldu tulang

Kaldu tulang adalah cairan kaya nutrisi yang dibuat dengan merebus tulang, daging, dan sayuran. Kaldu ini kaya akan kolagen, gelatin, dan nutrisi lain yang baik untuk usus Anda karena dapat membantu menjaga kesehatan usus dan meningkatkan pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro