Contoh makalah/iStockphoto
Relationship

Contoh Makalah Singkat dan Struktur Penulisannya yang Benar

Hana Fathina
Kamis, 4 Mei 2023 - 15:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Contoh makalah bisa menjadi referensi bagi seseorang Ketika akan menulis sebuah makalah. Makalah merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang cukup sering dijumpai sehari-hari, khususnya di institusi Pendidikan sekolah atau kampus. 

Menurut KBBI, makalah merupakan karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Makalah bisa diartikan sebagai satu uraian tertulis terkait suatu topik atau permasalahan berdasarkan hasil kajian literatur atau penelitian yang sudah dilakukan di lapangan. 

Contoh Makalah Singkat yang Baik dan Benar dan Jenisnya

1. Jenis-jenis Makalah

  • Makalah deduktif 
    Makalah deduktif merupakan makalah didasarkan pada kajian teoritis yang dimana relevan dengan permasalahan yang sedang dibahas. 
  • Makalah campuran 
    Makalah campuran yaitu merupakan jenis makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian teoritis dan juga data empiris. Itu artinya, makalah campuran ini merupakan penggabungan antara makalah deduktif dan juga makalah induktif. 
  • Makalah induktif 
    Makalah induktif merupakan jenis makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif berdasarkan apa yang didapatkan dari lapangan tapi tetap relevan dengan pembahasannya.

2. Contoh Makalah Singkat Mengenai Ciri Bakteri dalam Kehidupan

  • Kata pengantar 
    Puji Syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang sudah melimpahkan nikmat, taufik dan hidayah-Nya. Sehingga kami bisa menyelesaikan makalah Biologi tepat waktu. Terima kasih juga kami ucapkan kepada guru pembimbing yang selalu memberi dukungan dan bimbingannya. 

Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi nilai tugas Biologi. Tidak hanya itu, kami juga berharap makalah ini bisa memberi manfaat untuk penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya. Meskipun demikian, kami menyadari dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan. Maka dari itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran untuk kesempurnaan makalah ini. 

Akhir kata, kami berharap semoga makalah Biologi ini bisa memberikan informasi dan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah membaca makalah ini hingga akhir.

  • BAB I Pendahuluan 

1.1 Latar Belakang 
Mikroorganisme sangat erat hubungannya dengan objek biologi yang ukurannya sangat kecil dan tidak terlihat dengan mata telanjang. Keberadaannya tidak terlihat namun penting dalam kehidupan makhluk hidup lainnya. Seiring berkambangnya ilmu biologi, pembahasan tentang mikroorganisme khususnya bakteri terus peneliti telaah dan dimanfaatkan untuk kepentingan hidup manusia. 

1.2 Rumusan Masalah 
Apa itu bakteri ?
Apa saja ciri-ciri bakteri?
Bagaimana peran bakteri dalam kehidupan? 

1.3 Tujuan Masalah 
Mengetahui pengertian bakteri secara umum. 
Mempelajari ciri-ciri bakteri. 
Memahami peran bakteri dalam kehidupan. 

  • BAB II Pembahasan 

2.1 Pengertian bakteri 
Bakteri atau basil adalah organisme prokariotik atau organisme yang belum memiliki membran ini sel. Mikroorganisme ini masuk ke dalam kelompok prokariota bersel satu, berkembang biak dengan membelah diri, dan bahan genetiknya tidak terbungkus dalam membran inti. 

Bakteri berasal dari kata bahasa latin yaitu Bacterium. Mikroorganisme ini memiliki jumlah spesies mencapai ratusan ribu atau bahkan lebih. Umumnya, bakteri tidak memiliki klorofil, kecuali beberapa spesies tertentu yang memiliki pigmen fotosintesis. Maka dari itu, ada bakteri yang hidupnya heterotroph dan ada juga bakteri yang hidup autotroph. 

2.2 Ciri-ciri bakteri 
Ber sel satu, prokariotik, dan tidak berklorofil. 
Bersifat heterotrof. 
Berkembang biak dengan cara vegetatif. 
Beradaptasi terhadap lingkungan buruk menggunakan endospora. 
Ukuran tubuh bervariasi antara 0,12 hingga ratusan mikro. Umumnya, memiliki ukuran rata-rata 1-5 mikron. 

2.3 Peran bakteri pada kehidupan 
Berguna dalam pembuatan makanan seperti keju dan yoghurt. 
Berperan dalam pembuatan antibiotic. 
Bersimbiosis dengan akar tumbuhan. 

  • BAB III Penutup

3.1 Kesimpulan 

Bakteri merupakan kelompok mikroorganisme yang termasuk prokariotik bersel satu, berkembang biak dengan cara membelah diri, dan memiliki bahan genetic yang tidak dibungkus membran inti. 

3.2 Saran 

Harapannya bagi pembaca untuk menambah informasi dari sumber literasi lain. Hal tersebut bertujuan agar informasi dan pengetahuan yang didapat semakin lengkap. 

Itukah contoh makalah singkat yang baik secara struktur penulisannya yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam membuat karya ilmiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro