Contoh teks pidato/Freepik
Relationship

Kumpulan Contoh Teks Pidato dan Strukturnya yang Baik dan Benar

Hana Fathina
Selasa, 9 Mei 2023 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pidato adalah Tindakan berbicara di depan orang. Pidato disampaikan dengan bahasa yang baik agar bisa diterima oleh audiens. Selain itu, teks pidato berperan penting dalam tersampaikannya pesan kepada pendengar. Seperti apa contoh teks pidato yang baik? Simak penjelasan berikut. 

Dialog dalam berpidato akan menjelaskan ide dan instruksi. Tidak jarang pembicara memberikan nasihat kepada pendengar dan itu tergantung pada konteks atau keadaan pidato. 

Biasanya, pidato akan dibawakan oleh orang-orang yang dianggap penting. Dalam arti tertentu, orang tersebut dibutuhkan untuk menyampaikan pernyataan atau sudut pandang. Hal-hal yang dikomunikasikan mendung informasi melalui cara berorasi. 

Contoh Teks Pidato dan Struktur yang Baik dan Benar

1. Struktur Teks Pidato

  • Bagian pembukaan 
    Salam pembuka. 

Salam hormat. Di bagian ini, umum untuk menyebutkan beberapa orang yang pernah memegang jabatan tinggi dan yang berpidato akan memberi penghormatan. 

Kata terima kasih. Di bagian ini seseorang akan memberi pidato yang pasti untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya. Ini mungkin karena mereka memiliki kesempatan dan waktu untuk berbicara di depan audiens. 

Pengantar topik utama. Di bagian ini, pembicara perlahan-lahan akan memulai percakapan yang mengarah ke topik. Pada umumnya mereka akan menggunakan kalimat pengantar yang akan mendukung topik yang akan dibahas nanti. 

  • Bagian isi 
    Isi pidato harus mengandung informasi penting. Isi pidato juga harus menyertakan alamat yang kuat. Hal tersebut akan membuat percakapan kamu bertahan lama dan sesuatu yang bisa dipercaya. 
  • Bagian penutup 
    Bagian ini biasanya berisi kesimpulan berdasarkan materi yang disampaikan. Selain itu, perlu juga meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan dalam pidato tersebut. 

2. Contoh Teks Pidato Perpisahan 

Assalamualaikum wr.wb

Para orang tua siswa, guru dan saudara kelas yang kami banggakan. Tidak terasa tiga tahun sudah berlalu. Kamu telah mengalami suka dan duka di sekolah ini. Hari ini kami berkumpul di acara perpisahan, segera kami akan meninggalkan sekolah yang kami cintai ini. 

Pada kesempatan yang baik ini, atas nama siswa kelas 9 mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Bapak Dan Ibu guru karena sudah membimbing kami untuk menyelesaikan satu tahap jenjang Pendidikan di sekolah ini. semoga ilmu yang diberikan Bapak dan Ibu guru bermanfaat bagi kita. 

Kami tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada orang tua kami yang dengan tulus membimbing dan membesarkan kami sehingga bisa mendapatkan Pendidikan yang utuh. 

3. Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Pendidikan Sekolah 

Hadirin yang saya hormati, 

Sekolah sebagai tempat Pendidikan dan pengajaran bagi para siswa memang tidak lepas dari berbagai bentuk kerawanan. Terkadang kerawanan begitu mudah masuk sejalan dengan perkembangan usia para siswa yang juga mulai rawan, terutama pada usia ABG. 

Kita sendiri sangat menyesalkan dengan munculnya perilaku negatif pelajar yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk perkelahian antar pelajar, penggunaan obat-obat terlarang dan mulai mencoba menyimpang lainnya. Jelas ini adalah tantangan bagi pihak sekolah dan para guru. 

Namun, penyelesaian masalah kerawanan sekolah ini tentu tidak bisa hanya dilakukan oleh pihak sekolah, kesadaran pribadi siswa dan perhatian keluarga turut membantu mengatasi kerawanan sekolah ini 

Demikian pembahasan mengenai struktur teks pidato yang baik dan benar, lengkap dengan beberapa contoh teks pidato.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro