Reveuse Resto, Bandung, Indonesia/instagram
Kuliner

Canggih! Ini Daftar Restoran dan Cafe di Dunia yang Pakai Robot, Ada di Indonesia Juga

Salma Permata Dewi
Sabtu, 13 Mei 2023 - 16:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teknologi semakin dan terus berkembang tiap waktunya untuk berbagai bidang teknologi, termasuk robot. Manusia pun tidak hanya menciptakannya, tetapi juga memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut.

Dilansir dari robots.ieee.org, robot sulit didefinisikan dan dikategorikan, padahal sangat banyak jenis robot di dunia ini.

Setiap robot memiliki fitur uniknya sendiri dan secara keseluruhan, robot sangat bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan kemampuan.

Salah satu kategori robot adalah robot industri yang dirancang untuk melakukan tugas secara berulang.

Saat ini, sudah mulai bermunculan restoran atau kafe yang menggunakan robot sebagai karyawannya. Robot tersebut bisa memiliki tugas beragam, contohnya mengantar pesanan, memproduksi makanan, dan lainnya.

Robot sebagai pelayan bukanlah hal yang pertama kalinya di tahun 2000-an ini. Ada satu restoran di Amerika Serikat yang memiliki karyawan robot.

Menurut Guinness World Record, Two Panda Deli di Pasadena, California, Amerika Serikat adalah restoran pertama yang mempekerjakan robot pada 1983.

Restoran cepat saji tersebut menggunakan robot bernama Tanbo R-1 dan Tanbo R-2 untuk membawa makanan ke pelanggan. Tahun ke tahun, restoran yang menggunakan pelayanan robot pun semakin banyak.

Berikut restoran atau kafe yang menggunakan robot dalam pelayanannya.

1. Reveuse Resto, Bandung, Indonesia

Restoran di Bandung, Indonesia ini memiliki robot yang mengantarkan pesanan-pesanan pelanggannya bernama Bellabot. Tidak hanya robot pengantar makanan, Reveuse Resto juga memiliki Kettybot, robot yang menunjukkan menu-menu dari restoran tersebut.

2. Rasa Koffie, Jakarta, Indonesia

Terletak di Pasar Baru, Jakarta, Indonesia, kafe ini menggunakan robot yang melayani pelanggannya. Makanan dan minuman yang dipesan pelanggan akan diantar oleh robot bernama Kittybot. Robot ini merupakan tipe yang sama dengan robot yang digunakan Reveuse Resto. Rasa Koffie menggunakan Kittybot untuk meminimalisir kontak, terutama saat pandemi.

3. Pepper Parlor, Tokyo Jepang

Pepper Parlor merupakan salah satu restoran dengan karyawan robot di Jepang. Tidak hanya robot pengantar pesanan, robot di Pepper Parlor juga menyapa pelanggan, menerima pesanan, dan memberikan hiburan, seperti menari.

4. The Tea Terrace, Surrey, Inggris

Kafe teh yang memiliki konsep kerajaan dengan desain-desain yang mewah memiliki pengantar pesanan berupa robot. Hal yang membuat unik dari robot bernama Theresa ini memiliki bentuk seperti memegang nampan dan memakai gaun panjang.

5. Pazzi, Paris, Prancis

Restoran pizza di Prancis juga memiliki robot sebagai karyawannya. Bukan sebagai pengantar pesanan, tetapi sebagai koki. Pizza di Pazzi dibuat oleh robot berbentuk tangan dengan pisau dan alat lain di ujungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro