Ilustrasi metabolisme tubuh
Health

5 Kesalahan yang Dilakukan Perempuan, Bisa Memperlambat Metabolismenya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 15 Mei 2023 - 09:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, sangat penting untuk mempertahankan metabolisme yang sehat dan cepat untuk menghindari penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Penambahan berat badan biasanya merupakan bagian alami dari proses penuaan berkat hormon Anda, perubahan gaya hidup, penurunan massa otot tanpa lemak, dan metabolisme yang lebih lambat.

Hal itu karena ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan wanita yang memperlambat metabolisme mereka sehingga Anda tahu persis apa yang harus dibuang dan diperbaiki. 

Berikut 5 kesalahan kritis yang dilakukan wanita yang memperlambat metabolisme mereka.

1. Menjadi vegan

Makan nabati hadir dengan berbagai manfaat kesehatan, jika Anda membuang protein hewani sama sekali tanpa menunjukkan dengan tepat sumber protein lain yang memadai untuk dikonsumsi sebagai gantinya, Anda tidak akan mendapatkan "protein penambah metabolisme" Anda.

Selain itu, terlalu mudah untuk mengalah pada kalori ekstra dari sereal, pasta, dan biji-bijian lainnya.

"Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa jika Anda melakukan kesalahan ini dan mengonsumsi diet tinggi karbohidrat dibandingkan dengan diet tinggi protein dan rendah karbohidrat, Anda akan memperlambat metabolisme," demikian dilansir dari Eat This.

2. Mengutamakan peregangan dan yoga

Yoga dan peregangan memainkan peran kunci dalam menjaga persendian dan otot yang lentur dan awet muda. Tetapi jika Anda memprioritaskan bentuk aktivitas fisik ini daripada latihan kekuatan.

Anda kehilangan sebagian besar teka-teki metabolisme / penurunan berat badan hingga 8% jaringan otot tanpa lemak per dekade setelah usia 30 (dan biasanya menggantinya dengan lemak!) jika kita tidak melatih kekuatan untuk menghentikannya.

Massa otot tanpa lemaklah yang membakar lebih banyak kalori daripada lemak, bahkan saat kita tidur, dan hari demi hari, ini benar-benar bisa membuat perbedaan."

3. Makan salad sebagai makanan utama

Mengisi buah-buahan segar dan sayuran berdaun hijau adalah hal yang sangat baik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tetapi jika Anda makan salad untuk makanan utama Anda tanpa protein tambahan seperti keju, telur, atau sesendok kacang, Anda membuat kesalahan besar. 'Anda akan mengurangi protein yang Anda butuhkan untuk mendukung jaringan otot tanpa lemak Anda, sehingga kemungkinan besar Anda bisa kehilangan jaringan otot tanpa lemak yang meningkatkan metabolisme.

4. Scroll media sosial sebelum tidur

Tahukah Anda bahwa mematikan perangkat dengan lampu biru jauh sebelum waktu tidur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan membantu Anda menghindari penambahan berat badan? Yah, itu bisa, jadi hentikan pengguliran media sosial, dan bersiaplah untuk Z yang tenang.

Anda tidak hanya begadang dan memotong waktu tidur yang berharga, tetapi cahaya biru berdampak negatif pada kualitas tidur dengan mengganggu produksi melatonin dan mengganggu ritme sirkadian.

Satu studi menunjukkan bahwa pembatasan tidur yang berkelanjutan dikombinasikan dengan gangguan ritme sirkadian memperlambat laju metabolisme istirahat sebesar 8%..

5. Mengikuti jus "detox" membersihkan

Jika Anda berharap untuk memulai penurunan berat badan dengan melakukan 'detoksifikasi' jus, Anda mungkin ingin berpikir lagi. Banyak dari pembersihan ini tidak menawarkan protein yang cukup untuk membantu massa otot tanpa lemak Anda dan rendah kalori. Ini berarti Anda akan mulai menggunakan jaringan otot untuk energi.

'Tubuh Anda akan mengurangi jumlah kalori yang dikeluarkannya sebagai mekanisme perlindungan untuk mencegah kelaparan, sehingga metabolisme Anda akan mulai terpukul.

Perlambatan metabolisme ini sangat mirip dengan apa yang terjadi saat Anda mengonsumsi makanan di bawah 1.200 kalori untuk waktu yang lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro