10 Makanan Khas Gorontalo yang Rasanya Juara - ayam iloni/instagram.com @roemahmarly
Kuliner

10 Makanan Khas Gorontalo yang Rasanya Juara

Nuraini
Jumat, 19 Mei 2023 - 18:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ciri khas makanan khas Gorontalo adalah pemakaian rempah-rempah yang melimpah dan campuran yang unik. Misalnya perkedel dengan bahan ikan teri atau sate yang berbahan dasar ikan tuna. Keunikan tersebut yang menyajikan cita rasa luar biasa yang patut dicicipi.

Daftar Makanan Khas Gorontalo

Salah satu provinsi di Sulawesi ini memiliki kuliner yang beragam dan lezat. Ada penganan ringan hingga olahan ikan atau daging. Hampir semua memakai rempah-rempah yang banyak. Berikut ini 10 makanan khas Gorontalo yang bisa Anda coba. 

1. Sate Tuna

Indonesia populer dengan hidangan satai. Bahan utamanya kalau bukan ayam, sapi atau kambing. Gorontalo punya sate tuna dengan tekstur lembut dan lumer di mulut. Sate tuna merupakan variasi olahan sate yang nikmat dari tak biasa. 

2. Binte Buluhuta

Binte Buluhuta adalah hidangan berkuah yang isi utamanya ikan dan jagung. Paduan tersebut memberikan sup yang segar, khususnya dengan tambahan perasan air lemon. Tak hanya itu, kuah makanan khas gorontalo ini juga dibuat dengan beragam rempah yang membuat rasanya semakin gurih. 

3. Bilenthango

Makanan khas Gorontalo ini merupakan hidangan ikan mujair yang disajikan dengan bumbu rempah yang berlimpah. Setelah itu semua bahan dibungkus daun pisang kemudian digoreng atau dibakar. Setelah matang, disajikan dengan kuah rempah khas Gorontalo.

4. Kue Tobu’u

Kue ini adalah cemilan khas Gorontalo yang terbuat dari tepung beras, beras pulo, irisan nangka, gula pasir, santan kelapa, susu cair, pasta pkamun, dan vanili. Semua bahan kemudian dikukus sampai berlapis-lapis. Rasanya manis dan legit. Kue tobu’u sangat cocok disantap sambil ngeteh atau minum kopi di sore hari. 

5. Perkedel Nike

Umumnya perkedel terbuat dari kentang atau jagung. Perkedel nike bukan dari umbi – umbian, bahan utamanya adalah ikan teri. Makanan khas gorontalo ini rasanya enak dan gurih, terutama bila makan dengan nasi putih. Kalau dari tampilannya, perkedel ini mirip bakwan.

6. Tili Aya

Tili aya adalah makanan tradisional Gorontalo manis dan gurih karena terbuat dari santan kelapa. Cemilan berwarna pekat ini memiliki tekstur yang empuk karena terbuat dari gula merah, telur, dan santan kelapa. Kadang, Anda bisa menemukan potongan pandan diatasnya. 

7. Ayam Iloni

Makanan khas daerah Gorontalo juga ada hidangan ayamnya. Ayam yang dibakar dengan berbagai macam bumbu ini rasanya enak dengan tambahan sambal. Ayam iloni khas Gorontalo disajikan bersama kuah kuning dengan tekstur empuk. 

8. Ilabulo

Ilabulo adalah satu lagi kuliner berbahan ayam dan merupakan makanan khas Gorontalo. Ayam dibersihkan dan dimasukkan ke dalam daun pisang, dengan bumbu rempah berlimpah. Kemudian, ayam dibakar sampai matang. Kadangkala, ayam ditambah jeroan ayam seperti hati ampela. 

9. Sayur Putunggo

Sayuran ini memiliki tampilan dan rasa yang mirip dengan sayur lodeh. Akan tetapi, sayur putunggo dari Gorontalo bahan dasarnya jantung pisang yang dipotong kecil-kecil. Pada umumnya, sayur ini ditambah santan mirip dengan lodeh. Tapi, bisa juga ditumis atau digoreng dengan tampilan yang lebih kering. 

10. Lalampa

Lalampa adalah makanan khas Gorontalo yang merupakan campuran nasi dengan isian dan dibungkus oleh daun pisang. Tampilannya mirip dengan lemper. Isinya berupa beras ketan yang dimasak dengan santan dan ikan tongkol. Jadi, rasa nya gurih dan tampilannya praktis. Bentuknya panjang dan mungil.  

Itulah 10 makanan khas Gorontalo dengan cita rasa khas yang menggoda selera. Bila Anda ingin mencicipi kuliner Indonesia yang berbeda, makanan daerah Gorontalo patut jadi pilihan. Beberapa opsi di atas bisa Anda coba untuk mengobati rasa penasaran dengan cita rasa khas Gorontalo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro