Es krim termahal di dunia/Cellato- Guinnes Book of World Records
Kuliner

Rekor Baru! Es Krim Termahal di Dunia Berasal dari Jepang

Salma Permata Dewi 
Rabu, 24 Mei 2023 - 10:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Es krim merupakan salah satu makanan penutup yang identik dengan tekstur lembut, rasa manis, dan dingin. Di dunia ini baru saja mencetak rekor es krim paling mahal yang berasal dari Jepang.

Dilansir dari CBS News, Rabu (24/5/2023) perusahaan es krim dari negara sakura bernama Cellato, yang memiliki es krim rasa Byakuya yang mencetak rekor baru di Guinness World Records sebagai es krim termahal di dunia. Es krim dengan berat 4,3 ons ini dihargai sebesar 873.400 yen yang setara dengan US$6.696 atau Rp99,7 juta. 

Es krim ini dibuat oleh chef Tadayoshi Yamada, kepala chef di restoran masakan fusion populer bernama RiVi di Osaka, Jepang. Dibuat dengan berbagai bahan-bahan langka membuat harga dari es krim ini tinggi. Es krim Byakuya ini dibuat dengan truffle putih langka yang tumbuh di Alba, Italia, dengan harga 2 juta yen Jepang (hampir US$15.192 atau Rp226 juta) per kg. Tidak hanya itu, emas, keju, Parmigiano Reggiano, dan sake juga terdapat di dalam es krim tersebut.

Membuat es krim termahal bukanlah satu-satunya tujuan perusahaan Cellato. Mereka ingin memadukan bahan-bahan Eropa dan Jepang dalam bentuk es krim.

Saat mencicipi es krim yang dibuat oleh Tadayoshi Yamada, staf Cellato mengatakan seperti yang dilansir dari Guinness World Records bahwa aroma truffle putih yang kuat pada es krim rasa Byakuya memenuhi mulut dan hidung, lalu diikuti dengan rasa kompleks dan buah dari Parmigiano Reggiano. Sake lees terasa di akhir sajian. 

es krim termahal di dunia
es krim termahal di dunia


Rasa es krim termahal yang dirilis Cellato muncul setelah melakukan berbagai percobaan dan melewati berbagai kesalahan racikan. Es krim ini membutuhkan lebih dari 1,5 tahun untuk dikenal dan akhirnya meraih gelar Guinness World Record. Tidak sampai di situ, Cellato berencana untuk merilis produk dengan kombinasi bahan terbaik lainnya, seperti Champagne dan kaviar.

Es krim termahal ini bisa dibeli secara daring di situs milik Cellato. Saat membelinya, Anda akan mendapatkan es krim yang dilengkapi dengan sendok logam buatan tangan. Sendok ini dibuat dengan bahan yang sama dengan bahan untuk membangun kuil.

Manajemen Cellato menyarankan pada pembeli untuk menikmati es krim dengan menuangkan minyak truffle putih di atasnya dan mengaduknya. Cellato  mengatakan, walaupun tidak ada tanggal kadaluarsa, es krim disarankan untuk segera dimakan maksimal 10 hari setelah pembelian. Hal ini dikarenakan untuk menjaga rasa dan tekstur dari es krim.

Selain rasa Byakuya, Cellato juga sudah menawarkan beberapa menu es krim yang harganya di atas pasaran. Es krim itu adalah es krim dengan rasa truffle hitam seharga US$72 atau Rp1 juta. Harga tersebut hanya untuk 1 potong es krim saja.

Banyak es krim-es krim di dunia yang memiliki harga tinggi selain es krim rasa Byakuya milik Cellato. Beberapa di antaranya menurut Wealthy Gorilla adalah The Black Diamond dari Dubai seharga US$817 atau Rp12,1 juta dan Bear Extraordinaire seharga US$1.500 atau Rp22,3 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro