Ilustrasi mimpi saat tertidur/Freepik.com
Health

Lucid Dream, Orang yang Mampu Mengendalikan Mimpi, Simak Caranya

Sabina Arla Yogandini
Jumat, 26 Mei 2023 - 16:04
Bagikan

Adapun manfaat dari lucid dream, antara lain:

1. Mengatasi mimpi buruk

Setiap orang dapat mengalami mimpi buruk karena itu adalah hal yang wajar. Namun, mimpi buruk yang berulang dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Selain itu, hal ini dikaitkan dengan gangguan stres pascatrauma (PTSD), depresi, dan penggunaan narkoba.

2. Meredakan kecemasan

Sebagian besar penelitian ilmiah berfokus pada PTSD dan kecemasan akibat mimpi buruk. Dengan adanya lucid dream juga dapat meredakan kecemasan yang disebabkan oleh alasan lain.

3. Meningkatkan keterampilan motorik

Lucid dream berpotensi memberi manfaat bagi rehabilitasi fisik. Penelitian dari tahun 2013 menunjukkan bahwa keterampilan motorik yang dilakukan secara mental dapat meningkatkan kemampuan fisik untuk melakukannya.

Di sisi lain, lucid dream juga memiliki aspek negatif seperti Masalah tidur WBTB dan MILD karena lucid dream dapat membuat Anda terbangun di tengah malam.

Adapun gangguan tidur dapat menyebabkan derealisasi atau perasaan bahwa orang, benda, dan lingkungan sekitar Anda nampak tidak nyata. Selain itu, lucid dream juga dapat meningkatkan gejala depresi karena adanya teknik induksi.

Bagi Anda yang pernah mengalami lucid dream, mungkin Anda pernah merasakan kelumpuhan tidur atau sering disebut ketindihan. Hal itu berlangsung singkat, tetapi mengganggu sehingga berpengaruh bagi kualitas tidur Anda.

Jika setelah mengalami lucid dream, Anda menjadi takut tidur, mimpi buruk, perubahan emosional, atau hal lain, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terkait.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro