Ilustrasi dada ayam
Health

Beragam Manfaat Dada Ayam, Salah Satunya Bantu Diet

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mencapai berat badan yang ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan melakukan program diet.

Saat menjalani program diet, hal yang perlu dilakukan adalah memperhatikan kandungan nutrisi dalam setiap makanan yang akan masuk ke tubuh Anda.

Salah satu jenis makanan yang masih menjadi primadona bagi mereka yang sedang melakukan program diet adalah dada ayam. Selain rasanya yang enak, dada ayam mengandung protein yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga massa otot dan metabolisme tubuh.

Selain itu, dada ayam juga menyimpan banyak nutrisi penting bagi tubuh seperti niasin, vitamin B, potasium, antioksidan seperti selenium, dan membuat pengonsumsinya dapat merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Melansir Verywell, dada ayam adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik (protein tanpa banyak lemak yang menyertainya).

Itu berarti sebagian besar kalori dalam dada ayam berasal dari protein. Orang yang makan cukup protein lebih cenderung mempertahankan massa otot dan menjaga metabolisme yang sehat.

Karena dada ayam serbaguna dan relatif murah, masuk akal untuk memasukkan ayam ke dalam pola makan yang seimbang dan sehat.

Fakta Nutrisi Dada Ayam

Satu porsi 3 ons (85g) dada ayam panggang tanpa tulang dan kulit mengandung 128 kalori, 26 gram protein, dan 2,7 gram lemak dengan nol gram karbohidrat.

Perhatikan bahwa banyak dada ayam kemasan komersial berukuran lebih besar dari 3 ons. Jadi jika Anda makan satu dada ayam, Anda mungkin makan lebih dari satu porsi.

Berikut kandungan yang ada dalam dada ayam

1. Protein

Dada ayam adalah sumber protein tanpa lemak yang baik. Bagi orang yang mengonsumsi daging, mengonsumsi daging ayam merupakan cara sederhana untuk memenuhi sebagian kebutuhan protein tubuh tanpa mengonsumsi banyak lemak. Tergantung pada metode memasak yang Anda pilih, dada ayam juga secara alami rendah sodium.

2. Vitamin dan mineral

Dada ayam merupakan sumber selenium, fosfor, vitamin B6, dan niasin yang sangat baik. Selenium penting untuk fungsi tiroid dan pembuatan DNA.3 Niacin dan B6 keduanya dalam keluarga vitamin B yang larut dalam air yang memainkan peran penting dalam fungsi sel.4

3. Kalori

Sebanyak 80% kalori dalam dada ayam berasal dari protein. Sisanya berasal dari lemak, karena dada ayam tidak mengandung karbohidrat. Ada 128 kalori dalam satu porsi 3 ons dada ayam tanpa kulit.

Justin Moon, Operation Director Moon Mate, produsen Mooyam dada ayam kemasan siap saji mengatakan dari segi nutrisi, dada ayam merupakan makanan alami berprotein terbaik di dunia.

Dada ayam memiliki lemak dan kalori yang rendah namun kaya akan protein berkualitas tinggi, termasuk 8 asam amino esensial.

"Sebagai contoh, 100 gram sirloin daging sapi mengandung 17,1 gram protein, tetapi kandungan lemaknya 28,7 gram, yang berarti daging sapi tinggi akan kalori. Di sisi lain, 100 gram dada ayam mengandung 28 gram protein, tetapi lemaknya hanya sekitar 0-1 gram, sehingga kalori dada ayam lebih rendah," paparnya.

Dengan begitu, dada ayam adalah asupan wajib bagi orang yang hendak diet dan membentuk otot.

Selain itu, dada ayam merupakan makanan yang sebaiknya dikonsumsi bukan hanya oleh atlet atau orang yang ingin menurunkan berat badan tetapi juga oleh anak-anak dalam fase pertumbuhan atau orang-orang di usia paruh baya bahkan lanjut usia yang massa ototnya mulai berkurang.

Namun, memenuhi asupan protein dalam gaya hidup yang aktif tidaklah mudah, terutama dengan mengonsumsi dada ayam yang pengolahannya rumit.

Kandungan lemak dada ayam sangat sedikit, sehingga menjadi kering jika kadar kaldunya tidak diperhatikan. Sementara jika dimasak dengan cara yang salah, baunya menjadi amis.

Dada ayam yang didinginkan juga mempunyai umur simpan yang pendek, sehingga setelah dibeli pun, sering kali dibuang begitu saja. Jika cara pengolahannya rumit seperti ini, sulit untuk mengonsumsinya secara konsisten.

Dia menambahkan, gaya hidup sehat diawali dengan motivasi dan konsistensi. Cara terbaik untuk meraih konsistensi adalah menjadikan pola hidup sehat sebagai kebiasaan. Untuk menjadikannya kebiasaan, metodenya haruslah mudah.

"Melihat tingginya animo para penikmat dada ayam, kami menghadirkan MOOYAM dada ayam siap saji hanya dalam 1 menit," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro