Ilustrasi makanan yang bisa dikonsumsi pelaku diet flexitarian/Freepik
Health

Hati-hati Konsumsi Empat Hal Ini Saat Perut Kosong, Dapat Picu Stres Seharian

Arlina Laras
Kamis, 1 Juni 2023 - 09:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sarapan pagi dianggap penting oleh sebagian orang karena setelah tidur semalaman, tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi yang tepat untuk memberikan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari. 

Anda pun perlu memperhatikan asupan yang Anda makan khususnya saat perut kosong. Jika salah makan, Anda justru dapat memicu stres.  

Seorang konsultan nutrisi dan kesehatan Neha Sahaya, memberikan beberapa informasi melalui Instagram tentang empat hal yang sebaiknya tidak Anda konsumsi saat perut kosong.


Berikut 4 Makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong 

1. Madu dalam Air Lemon

Madu yang dicampur dengan air lemon adalah minuman umum yang dikonsumsi banyak orang di pagi hari karena diyakini membantu membakar lemak. Namun, Sahaya menyarankan untuk tidak melakukannya. 

“Madu memiliki lebih banyak kalori dan indeks glikemik lebih tinggi daripada gula,” kata Sahaya.  

Madu murni tanpa bahan tambahan apapun sulit ditemukan dan kebanyakan mengonsumsi gula dan sirup beras yang mengatasnamakan madu. Ini meningkatkan kadar gula darah Anda sebagai akibat dari lebih banyak mengidam makanan sepanjang hari.

Namun, ahli gizi fungsional CEO dan Pendiri iThrive Mugdha Pradhan tidak setuju dan mengatakan bahwa ini sepenuhnya salah. 

“Madu mentah yang bersumber dari sumber yang baik adalah salah satu pemanis alami yang paling sehat dan sumber karbohidrat yang sehat yang kaya nutrisi dan senyawa penambah sistem kekebalan lainnya,” jelasnya. 

Dia menambahkan bahwa madu sebenarnya telah terbukti meningkatkan kesehatan metabolisme dalam beberapa penelitian.

2. Teh dan Kopi

Sahaya lebih lanjut menyampaikan bahwa mengonsumsi teh atau kopi saat perut kosong memicu asam lambung yang dapat mengganggu perut dan menimbulkan masalah pencernaan.

Hal senada juga disebutkan oleh Pradhan yang mengatakan kafein yang terkandung dalam teh dan kopi dapat meningkatkan kadar kortisol, hormon stres, dalam tubuh.

Kortisol biasanya sudah meningkat di pagi hari setelah bangun tidur, dan mengonsumsi kafein saat perut kosong dapat meningkatkan kadar kortisol secara berlebihan.

Dia menyarankan menunggu setidaknya satu atau dua jam setelah bangun tidur sebelum meminum minuman dengan kandungan kafein dan menyarankan untuk meminumnya dengan makanan.

3.Buah-buahan 

Menurut Sahaya, buah-buahan umumnya mengandung tinggi serat dan air, yang membuatnya mudah dicerna oleh tubuh. Karena pencernaan buah berlangsung dengan cepat, mengonsumsinya saat perut kosong dapat membuat Anda merasa lapar lebih cepat dalam waktu sekitar satu jam.  

“Beberapa jenis buah jeruk yang dimakan saat perut kosong juga bisa menyebabkan keasaman,” ujarnya.

4.Sarapan Manis

Terakhir, ahli menyarankan untuk mengkonsumsi sarapan gurih di atas sarapan manis untuk menjaga kadar gula darah. 

“Ini sempurna untuk mereka yang ingin menjaga kebugaran mereka. Makan pagi berdasarkan protein dan lemak membantu mengurangi nafsu makan sepanjang hari dan Anda tidak akan kelaparan saat makan siang,”katanya.

Selanjutnya, dia menyarankan untuk memulai hari dengan lemak (kacang-kacangan, alpukat, ghee, biji-bijian, dll) diikuti dengan sarapan kaya protein. 

"Ini menjaga kadar gula darah Anda dan mengurangi mengidam makanan sepanjang hari,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro