Kawah Putih, Ciwidey Bandung/indonesiawisata.info
Travel

Ini Destinasi Wisata di Ciwidey yang Bisa Dikunjungi

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 1 Juni 2023 - 10:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang ingin mengajak anak, teman-teman, atau keluarga Anda untuk berlibur, mungkin Ciwidey, Bandung dapat menjadi salah satu opsi yang tepat bagi Anda.

Ciwidey adalah sebuah desa yang terletak di daerah Bandung Selatan. Kawasan ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan udara yang sejuk dan cocok menjadi destinasi wisata mengisi liburan dari padatnya aktivitas yang ada.

Adapun beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi:

1. Petik Strawberry

Dengan nuansa pegunungan yang menyejukkan, kebun strawberry Ciwidey dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi.

Dengan memetik strawberry, Anda dapat merasakan buah segar yang Anda petik langsung dari kebun. Memetik langsung buah strawberry dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Anda.

Tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi anak-anak karena selain memetik strawberry, tempat ini juga dapat dijadikan sebagai wisata edukasi bagi mereka.

Salah satu kebun strawberry yang dapat Anda kunjungi adalah Kebun strawberry Ciwidey​ di Jalan Patengan Rancabali, Ciwidey Bandung, Jawa Barat. Harga yang dipatok relatif murah dengan interval Rp35.000 hingga Rp50.000 per kg.

2. Kawah Putih

Tempat ini sudah tak asing bagi Anda karena Kawah Putih menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Ciwidey.

Kawah Putih merupakan hasil dari letusan Gunung Patuha. Sampai saat ini, aktivitas kawah tersebut masih aktif sehingga bau belerang masih tercium pekat.

Melansir dari Indonesia Travel, Kawah Putih terletak sekitar 44 KM ke arah selatan dari pusat Kota Bandung. Untuk sampai ke tempat ini akan memakan waktu sekitar 2 jam tergantung lalu lintas.

Melansir dari tiket.com, tiket masuk untuk domestik akan dikenakan biaya sebesar Rp28.000, sedangkan tiket untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya sebesar Rp81.000.

3. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin hanya ingin berada di satu lokasi saja karena tempat ini menawarkan berbagai macam hal yang dapat Anda coba.

Di tempat yang pertama, Anda dapat mengunjungi Situ Patenggang. Melansir dari laman Badan Perhubung Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di sana Anda dapat keindahan alam Situ Patenggang dengan luas mencapai sekitar 60 Ha. Adapun Anda dapat berkunjung ke area perkebunan teh Rancabali dan kawasan hutan pinus cagar alam Patenggang.

Selanjutnya, Anda dapat mengunjungi Pinisi Resto yang merupakan restoran dengan bangunan unik berbentuk kapal pinisi. Setelah perut Anda terisi, Ada dapat mencoba bermain golesat yang ditemani dengan pemandangan indah dan menyejukkan.

Melansir dari akun Instagram @lakeside_rancabali, untuk dapat mengunjungi tempat ini akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000 dengan pembelian paket wisata.

4. Rengganis Suspension Bridge

Jika sebelumnya Kota Sukabumi memiliki Situ Gunung Suspension Bridge sebagai jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara, predikat tersebut beralih ke lokasi lain, yaitu Jembatan Gantung Rengganis.

Jembatan ini memiliki panjang 370M yang mengalahkan jembatan terpanjang di Situ Gunung Sukabumi dengan 250M. Adapun tempat ini berlokasi di Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jembatan Rengganis ini dilengkapi dengan peralatan safety seperti harnes yang nantinya akan dicantolkan ke besi sehingga Anda dapat melintasinya dengan aman.

Bagi Anda yang ingin memacu adrenalin, Anda dapat mencoba Keranjang Sultan Rengganis sambil melihat keindahan kebun teh Rancabali dan Cibuni, serta bisa melihat kawah Rengganis dari atas.

Melansir dari akun Instagram @rengganissuspensionbridge, untuk melewati jembatan gantung ini, Anda perlu merogoh kocek senilai Rp70.000.

5. Kawah Rengganis

Tak hanya Kawah Putih, Ciwidey juga memiliki kawah yang sama indahnya, yaitu Kawah Rengganis. Tempat ini menyuguhkan fenomena alam yang unik dengan kawah yang indah serta aroma belerang yang menusuk hidung.

Dilansir dari direktoripariwisata.id, Kawah Rengganis memiliki lokasi yang tidak jauh dari Kebun Teh Rancabali. Di sana juga terdapat pemandian air panas alami yang dipercaya mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain itu, di sekitar tempat itu, Anda dapat melihat batu berasap yang berasal dari letusan Gunung Sunda Purba jutaan tahun lalu. Adapun jembatan kayu yang dapat menjadi spot foto yang Instagramable. Untuk memasuki Kawah Rengganis, Anda akan dikenai biaya senilai Rp20.000/per orang.

6. Ranca Upas

Ranca Upas merupakan salah satu destinasi wisata yang menghadirkan nuansa alam yang cocok Anda kunjungi di masa liburan. Tempat ini terletak di Jl. Raya Ciwidey Patengan No.946, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tempat ini terkenal dengan perkemahan dan penangkaran rusa yang sayang untuk Anda lewatkan karena ada spot-spot foto yang instagramable. Adapun bagi Anda yang membawa keluarga, khususnya anak-anak, Anda dapat berinteraksi dan memberi makan rusa.

Melansir dari Perhutani, Bagi Anda yang suka aktivitas petualangan, Anda dapat mencoba jalur trekking lintas hutan, motor ATV, aktivitas berkuda, paintball (war games), dan archery yang seru.
Setelah puas dengan aktivitas tersebut, mungkin Anda akan merasa lelah. Untuk itu, Anda dapat memanjakan diri dengan berendam air panas alami di kolam onsen. Selain itu, Anda juga dapat belanja dan memetik buah strawberry, serta mengikuti program healing forest.

Melansir dari laman resmi Ranca Upas, untuk masuk ke tempat ini, Anda hanya perlu merogoh kocek senilai Rp.25.000, sedangkan untuk camping, Anda akan dikenakan biaya Rp40.000/per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro