Ilustrasi liburan/pixabay
Travel

Intip Destinasi Favorit Luar Negeri & Domestik untuk Orang Tua Ajak Anak Liburan Sekolah 2023

Arlina Laras
Kamis, 1 Juni 2023 - 15:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah penat belajar selama satu semester, kini waktunya orang tua mengajak sang buah hati liburan

Menariknya, minat perjalanan luar negeri seakan meningkat seiring dengan pencabutan status darurat Covid-19. 

Data internal Traveloka mencatat sepanjang kuartal II/2023 tingkat pemesanan akomodasi, tiket pesawat, dan atraksi internasional terjadi peningkatan hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode 2022. 

CEO of Transport Traveloka Iko Puter mengatakan bulan Juni tahun ini merupakan momentum liburan sekolah pertama setelah pandemi mereda. 

“Kami mengamati adanya lonjakan minat pariwisata domestik maupun internasional yang luar biasa, terutama segmen family travel,” ujarnya pada awak media, dikutip Kamis (1/6/2023).

Dari jumlah perjalanan tersebut, 75 persen aktivitas pada saat liburan adalah seputar kuliner dan belanja, diikuti dengan kunjungan ke tempat wisata dan museum, taman hiburan, pantai, dan kebun binatang.

Dirinya memaparkan sejumlah destinasi dengan minat perjalanan tertinggi di awal dan akhir bulan Juni 2023 ini mencakup Malaysia, Singapura, dan Thailand

“Disusul Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi dan Hongkong yang juga menjadi destinasi penerbangan internasional yang mengalami peningkatan pemesanan,” ujarnya pada Bisnis. 

Untuk perjalanan domestik, destinasi seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta masih menjadi primadona para wisatawan. Tak hanya itu, Bali, Labuan Bajo, dan Nusa Tenggara lainnya menjadi destinasi dalam negeri yang mengalami peningkatan pemesanan

Iko menyebut lama perjalanan pun beragam. Rerata untuk destinasi domestik, banyak orang tua yang menghabiskan waktunya mulai dari satu hingga tujuh hari.

Adapun, untuk destinasi internasional biasanya dihabiskan hingga 14  hari.

Di sisi lain, memasuki kuartal kedua tahun 2023, Traveloka juga mencatat beragam temuan menarik mengenai perilaku konsumen, terutama dalam perencanaan perjalanan internasional. 

“Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menentukan rencana perjalanannya, seperti harga, promo, fleksibilitas, dan rekomendasi dari keluarga serta rekan terdekat makin memungkinkan konsumen dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih terencana dan mudah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro